Penerapan PTM 100 Persen di Kota Tangerang, Disambut Antusias Pelajar

oleh -
Penerapan PTM 100 Persen di Kota Tangerang, Disambut Antusias Pelajar
Wali Kota Tangerang, H. Arief R Wismansyah saat memeriksa pelaksanaan PTM 50 persen di salah satu sekolah di Kota Tangerang beberapa waktu lalu./Ist.

KOTA TANGERANG,REDAKSI24.COM– Kebijakan Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Pendidikannya yang akan menerapkan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) 100 persen mulai Senin, 4 April 2022 besok disambut baik sejumlah pelajar.

Salah satunya Rayya Ashareksa Ankawijaya siswi kelas 8 di SMPN 13 Kota Tangerang. Menurut Rayya dengan kembali digelarnya PTM 100 persen tersebut, tentunya bisa menghilangkan kejenuhan para siswa saat belajar.

“Yang jelas saya sangat antusias karena bisa belajar bersama teman-teman dan guru secara langsung tidak menggunakan gadget,” ujar Rayya, Minggu (3/4/2022).

BACA JUGA: Dindik Jadikan Target Vaksinasi Kedua Syarat Sekolah di Kabupaten Tangerang Gelar PTM 100 Persen

Rayya meyakini dibanding belajar secara daring, pembelajaran tatap muka membuat proses belajar mengajar akan berjalan lebih efektif. Karena menurut Rayya dengan belajar tatap muka antara sesama pelajar dan guru bisa berinteraksi secara langsung.

“Jika ada hal-hal yang tidak dimengerti kita bisa bertukar pikiran dengan teman atau bertanya langsung kepada bapak ibu guru. Berbeda dengan belajar secara daring tentunya semua serba terbatas,” jelas siswi yang saat ini menjadi Wakil Ketua OSIS di SMPN 13 Kota Tangerang ini.

BACA JUGA: Antisipasi Omicron, Pengamat Pendidikan Minta Pemkot Tangerang Atur Ulang Skema PTM 100 Persen

Namun begitu menurut Rayya, dalam melaksanakan  PTM 100 persen pihak sekolah tentunya akan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat agar tidak terjadi kasus penularan COVID-19 di sekolah.

“Ya sebagai pelajar kita harus tetap patuh dan menjalankan protokol kesehatan yang ditetapkan pihak sekolah demi kebaikan kita bersama,” ujar siswi yang juga mengikuti program Satgas COVID-19 Tingkat Kelas yang digelar Pemkot Tangerang ini.

Kantin Sekolah Belum Boleh Buka 

Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Tangerang, H. Jamaludin  menjelaskan kebijakan PTM 100 persen yang akan diberlakukan mulai Senin, 4 April 2022  besok tersebut, berlaku mulai dari  tingkat PAUD, TK, SD, hingga SMP. Untuk aktivitas pembelajaran sendiri menurut Jamaludin, masih dilakukan di dalam ruang kelas dan dalam pemantauan guru dan Satgas COVID-19.

BACA JUGA: Dede Yusuf: Perlu Dikaji Perubahan Sistem Pendidikan Nasional

“Untuk kegiatan ekstrakurikuler secara aturan masih belum boleh digelar, kantin juga belum boleh dibuka. Hal ini harus diketahui, dipahami dan dijadikan komitmen bersama untuk keamanan dan kesehatan selama PTM 100 persen berlangsung,” ungkap Jamaludin, Minggu (3/4/2022).

Jamaludin mengaku untuk pemantauan kepatuhan protokol kesehatan dalam melaksanakan PTM 100 persen ini pihaknya telah membentuk tim monitoring dan berkoordinasi dengan Dinkes, Satpol PP, hingga kewilayahan, yaitu kecamatan dan kelurahan.

“Jika ditemukan positif rate di atas lima persen, Dindik akan langsung menutup sekolah tersebut secara total. Dengan itu, kepatuhan dan pengawasan harus beriringan sehingga PTM bisa terus digelar dan dinyatakan aman diberlakukan,” tambahnya.

Jamaludin menjelaskan capaian vaksinasi pelajar hingga saat ini mencapai 89 persen untuk dosis satu dan 80 persen untuk dosis dua. Sedangkan untuk kategori guru sudah dinyatakan 99 persen tervaksinasi.

“Dengan itu, dalam rapat terakhir Dindik sudah menghimbau dan menugaskan tim untuk melakukan pendataan ulang terkait vaksinasi pelajar. Sehingga, pelajar yang belum mengikuti vaksinasi, dapat dilakukan pendekatan lebih lanjut dan segera mengikuti vaksinasi COVID-19,”pungkasnya.(CAN/HEN)

No More Posts Available.

No more pages to load.