Pendiri Mathla’ul Anwar, Mas Abdurahman Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional

oleh -
pahlawan nasional
Pengurus PB MA bersama jajaran Pemkab Pandeglang, usai audienasi usulan Mas Abdurahkan sebagai pahlawan Nasional.

PANDEGLANG, REDAKSI24.COM – Pengurus Besar Mathla’ul Anwar (PB MA) mengusulkan pendiri organisasi MA, yakni Mas Abdurrahman bin Jamal, sebagai pahlawan Nasional, Usulan tersebut disampaikan pihak MA dalam audiensi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang, Banten, di Pendopo Bupati Pandeglang, Senin (4/11/2019).

Wakil Ketua Umum PB MA, KH Zaenal Abidin Sujai mengatakan, pemberian gelar pahlawan Nasional kini tidak cuma sebatas pada seseorang yang berjuang secara fisik di medan pertempuran. Tapi ada spesifikasi pahlawan Nasional dari seseorang dalam pengabdiannya bagi Negara.

“Pengusulan Mas Abdurrahman sebagai pahlawan Nasional, karena beliau sudah memberi kontribusi besar terhadap dunia pendidikan di Indonesia. Sejak berdiri MA tahun 1916 silam di Kecamatan Menes, Pandeglang, MA sudah melahirkan ribuan madrasah,” ungkapnya.

BACA JUGA:

. Santri Harus Berkontribusi Terhadap Pembangunan Bangsa dan Negara

. Tugu Mauk Catat Sejarah Gugurnya Pahlawan Otto Iskandar Dinata

. Saking Semangat, Kakek di Lebak Pasang Bendera Terbalik

Pihaknya mengusulkan Mas Abdurahman tersebut untuk dianugerahi pahlawan anasional, karena melihat MA yang lahir dari tahun 1916, sudah ikut andil dalam pengembangan bidang pendidikan bagi bangsa ini.

“Sampai saat ini sudah muncul ribuan Madrasah, baik yang ada di Banten maupun di provinsi lainnya. Bahkan dari segi organisasi, MA sudah hadir di lebih  dari 32 Provinsi di Indonesia. Jadi atas dasar itu kami menilai sosok Mas Abdurrahman patut untuk dianugerahi sebagai pahlawan Nasional,” ujarnya.

Asisten Daerah I Setda Pandeglang, Ramadani mengaku, akan memfasilitasi usulan tersebut. Pihaknya memastikan akan membantu menyiapkan syarat-syarat yang dibutuhkan. Sebab usulan Mas Abdurrahman sebagai pahlawan nasional, menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi Pandeglang.

“Nanti kami sesuaikan dengan ketentuan Undang-Undang yang berlaku. Yang penting syarat minimalnya akan kami support juga,” katanya.

Diakuinya, kemungkinan tahapan penetapan Mas Abdurrahman sebagai pahlawan Nasional, akan dimulai dengan seminar pada akhir November mendatang. Dia berharap usulan itu bisa dikabulkan Kementerian Sosial pada November tahun depan.

“Mungkin tahun depan baru bisa ditetapkan. Karena usulannya baru saat ini, sehingga tahapannya baru dimulai akhir November nanti,” jelasnya.(Samsul Fathoni/Difa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *