Pendidikan Gratis 12 Tahun di Banten Masih Menjadi ‘PR’

oleh -
Pendidikan Gratis 12 Tahun
Fraksi PAN DPRD Banten menggelar seminar pendidikan.

KOTA SERANG, REDAKSI24.COM – Pendidikan gratis sampai 12 tahun yang digaungkan Pemprov Banten dinilai hingga kini belum bisa dirasakan masyarakat. Terlebih berdasarkan data yang ada, angka rata-rata usia sekolah masyarakat Banten hanya sampai kelas 2 SMP.

“Itu artinya masih ada PR (pekerjaan rumah) yang harus segera diselesaikan Pemprov Banten berkenaan dengan pendidikan gratis 12 tahun ini,” ujar Ketua Fraksi PAN DPRD Banten, Dede Rohana usai diskusi publik yang dilaksanakan Fraksi PAN di Gedung Serba Guna (GSG) DPRD Banten, Selasa (21/1/2020).

Selain itu, Dede juga menyoroti masalah pengembangan SDM yang perlu ditingkatkan kembali. Terlebih banyak slot anggaran yang bisa digunakan dalam upaya peningkatan SDM itu. “Seperti alokasi dana desa yang bisa digunakan untuk pengembangan SDM. Jika tidak cukup, bisa ditambah dari Pemprov. Ini kan tinggal politikal will-nya saja,” katanya.

Dede melanjutkan, balai pelatihan kerja juga harus ditambah dan ditingkatkan fungsinya untuk bisa menampung para anak muda mengikuti pelatihan kecakapan kerja, terutama para kaum muda yang berasal dari Banten.

“Amanah ini yang kami emban dari masyarakat untuk kemudian kami sampaikan kepada eksekutif agar bisa ditindaklanjuti,” katanya.

BACA JUGA:

. Dewan Pendidikan Banten Dukung Penghapusan Ujian Nasional

. Dewan Nilai Kualitas Pendidikan di Banten Memprihatinkan

. Dewan Nilai Raperda Penyelenggaraan Pendidikan Tidak Berkualitas

Sementara itu, menanggapi peserta diskusi terkait alokasi dana pendidikan di Provinsi Banten yang dinilai masih kecil, Ketua DPW PAN Masrori mengatakan, jika dilihat dari postur anggaran di Dindikbud Banten memang tidak mencapai 20 persen.

Namun menurut dia, jika melihat anggaran secara menyeluruh yang berkenaan dengan pendidikan itu angkanya lebih dari 20 persen. “Jadi itu melihatnya hanya di anggaran Dindikbud saja,” katanya. (Luthfi/Difa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.