Pencairan Dana Jaring Pengaman Sosial Dampak Covid-19 Terkendala ATM

  • Whatsapp
anggaran covid-19
Gubernur Banten Wahidin Halim (tengah), usai menghadiri rapat dengar pendapat dengan DPRD Banten terkait dana JPS dampak covid-19.

KOTA SERANG, REDAKSI24.COM – Pencairan bantuan Jaringan Pengaman Sosial (JPS) bagi warga terdampak Covid-19 di Serang Raya dan Cilegon terancam molor. Hal itu menyusul adanya rencana Pemprov Banten melakukan marger penyimpanan RKUD dari Bank Banten ke Bank BJB yang memakan waktu sekitar tiga bulan.

Kepastian pemindahan rekening itu tertuang dalam Peraturan Gubernur (Pergub) nomor 583/Kep.145-Huk/2020 tentang Penetapan RKUD Provinsi Banten Bank BJB Kantor Cabang Khusus Banten tahun anggaran 2020.

Bacaan Lainnya

Gubernur Banten Wahidin Halim (WH) mengatakan, dalam masa proses marger ini, Bank Banten masih beroperasi seperti biasa, namun untuk RKUD sudah dipindahkan ke Bank BJB. Sehingga bagi penerima bantuan JPS yang pencairannya melalui Bank Banten, akan dipindahkan ke Bank BJB.

“Prosesnya sekitar tiga bulan,” ujarnya, Selasa (28/4/2020).

Langkah Pemprov Banten memindahkan RKUD ke Bank BJB ini merupakan langkah antisipasi gagal bayar dari Bank Banten. Pasalnya, menurut WH, Bank Banten sudah melakukan gagal bayar Dana Bagi Hasil (DBH) pajak ke Kab/Kota serta gagal kriling yang terjadi beberapa waktu yang lalu.

Sementara itu, di sisi lain pencairan bantuan ini dibutuhkan percepatan, supaya masyarakat terdampak bisa segera terbantu. “Dasar itulah yang memuat Pemprov mengalihkan RKUD-nya dari Bank Banten ke BJB,” ujar WH.

Jumlah penerima bantuan JPS yang melalui Bank Banten tersebar di Kabupaten Serang sebanyak 56.100 KK, Kota Serang sebanyak 30.200 KK dan Kota Cilegon sebanyak 20.375 KK. Untuk bantuan JPS di zona merah, pendistribusian sudah dilakukan Pemprov Banten.

BACA JUGA:

. Pemprov Banten Bakal Perpanjang PSBB di Tangerang Raya

. Gubernur Sebut Bank Banten Melulu Merugi, Gagal Bayar Saat Butuh Dana Segar

. Refocusing Tahap III, Biaya Tak Terduga Covid-19 di Banten Jadi Rp2 Triliun

Namun, kata WH, kendalanya kini dalam pembuatan kartu Anjungan Tunai Mandiri (ATM) BJB Syariah selaku bank yang ditunjuk untuk menyalurkan dana bantuan JPS dampak covid-19.

“Ada sekitar 421.177 KK di Tangerang Raya yang sudah divalidasi akan menerima bantuan. Angka tersebut kemungkinan masih akan bertambah, mengingat jumlah karyawan yang dirumahkan juga terus bertambah,” katanya.(Luthfi/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.