Pemprov Banten Targetkan Tanam Padi 37 ribu Hektare di Delapan Kota/Kabupaten

oleh -
Pemprov Banten Targetkan Tanam Padi 37 ribu Hektare di Delapan Kota/Kabupaten 
Pertanian di Banten/Ilustrasi.

SERANG,REDAKSI24.COM– Dinas Pertanian Provinsi Banten pada musim tanam ketiga Tahun 2021 menargetkan luasan lahan tanaman padi sekitar 37 ribu hektare di delapan kabupaten/kota di Banten.

“Langkah ini menjadi bagian upaya pemenuhan kebutuhan pangan, khususnya beras di Provinsi Banten. Pada saat ini cuaca sangat mendukung, karena masih dalam musim kemarau basah,” kata Kepala Dinas Pertanian Provinsi Banten Agus M Tauchid di Serang, Senin, (27/7/2021). 

Dikatakan Agus, berdasarkan data Dinas Pertanian, sementara ini neraca ketersediaan beras terhadap kebutuhan di Provinsi Banten Tahun 2021 menunjukkan surplus yakni sebesar 124.050 ton beras. 

BACA JUGA: Jelang Masa Tanam Akhir Tahun, Dinas Pertanian Banten Jamin Stok Pupuk Bersubsidi

“Data ini menggunakan data real tanam dan panen sampai dengan bulan Juni 2021. Sedangkan Juli – Desember 2021 merupakan angka prediksi,” kata Agus.

BACA JUGA: Pemprov Banten Berikan Bantuan 120 Traktor Tangan ke Kelompok Tani

Menurutnya, Dinas Pertanian terus mengoptimalkan upaya tanam padi. Untuk bulan Juli ini, luasan lahan yang ditanam sekitar 37.000-an hektar. Ketersediaan benih dan pengairan terus dipantau agar proses bisa berjalan lancar.

BACA JUGA: Dinkes Sebut Kasus COVID-19 di Banten bertambah 1.251 Dalam Sehari

“Pantauan lapangan menunjukan bahwa proses panen padi di wilayah utara masih berlangsung seperti di daerah Kecamatan Sukadiri Kabupaten Tangerang masih ada lahan sekitar 30 ha yang dipanen. Sedangkan untuk wilayah selatan rata-rata proses panen sudah selesai. Para petani mulai proses olah tanah untuk musim tanam ketiga,” kata Agus.

Sebelumnya untuk meningkatkan produksi pangan, Gubernur Banten pada bulan lalu telah menyerahkan bantuan 120 hand traktor kepada Kelompok Tani yang tersebar di empat  kabupaten dan satu  kota. Penyerahan bantuan hand traktor ini turut menjadi salah satu upaya Pemprov Banten dalam pemulihan ekonomi masyarakat di tengah pandemi COVID-19. 

Sebanyak 120 kelompok tani (poktan) yang mendapat bantuan ini tersebar di Kabupaten Lebak sebanyak 34 poktan, Kabupaten Pandeglang 33 poktan, Kabupaten Serang 31 poktan, Kabupaten Tangerang 18 poktan, serta Kota Serang sebanyak 4 poktan. 

Berdasarkan rilis Badan Pusat Statistik (BPS) Pusat pada tanggal 1 Maret 2021, Provinsi Banten menempati posisi sembilan besar produsen beras secara Nasional tahun 2020. Dengan luas panen 325.333 ha, Provinsi Banten mampu menghasilkan padi 1.655.170 ton GKG (Gabah Kering Giling) atau setara 937.815 ton beras. (Mulyana/Ant/Hendra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.