Pemprov Banten Kaji Polemik Pengelolaan Terminal Seruni

  • Whatsapp
terminal seruni
Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten.

KOTA SERANG, REDAKSI24.COM – Pemprov Banten akan melakukan kajian terkait polemik pengelolaan Terminal Seruni, Kota Cilegon. Dari hasil kajian itu akan ditemukan titik terang, siapa yang mempunyai kewenangan untuk mengelola Terminal Seruni.

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Provinsi Banten, Tri Nurtopo saat dihubungi, Kamis (11/6/2020) mengatakan, pengelolaan terminal itu sudah ada aturannya yang jelas. Aturan itu akan menjadi salah satu acuan dalam melakukan kajian yang akan dilakukan.

Bacaan Lainnya

“Walikota Cilegon sudah bersurat kepada Gubernur Banten terkait permintaannya untuk menurunkan type terminal Seruni menjadi type C,” katanya.

Berdasarkan peraturan, lanjutnya, terminal type C kewenangan pengelolaannya ada pada pemerintah Kab/Kota, karena di dalamnya hanya digunakan sebagai akses angkutan kota. Namun, dalam RTRW Provinsi Banten, Terminal Seruni termasuk terminal tipe B yang dalam UU Pemerintahan Daerah,  penyenggaraannya oleh Pemprov Banten.

“Makanya akan kami lakukan rapat dulu, kami lakukan kajiannya juga. Mudah-mudahan akan ditemukan titik temu fungsi pelayanannya, apakah akan menjadi Terminal Tipe A yang melayani AKAP (Antar Kota Antar Provinsi), AKDP (Antar Kota Dalam Provinsi) untuk terminal type B atau angkutan dalam kota saja untuk terminal tipe C,” jelasnya.

Tri menambahkan, kalau nanti terminal Seruni melayani bus AKAP, itu berarti masuk kategori terminal tipe A yang menjadi kewenangan Kementerian Perhubungan, seperti Terminal Terpadu Merak. “Tapi kami belum mengetahui kalau Terminal Seruni itu juga melayani AKDP,” katanya.

Untuk diketahui, Walikota Cilegon sebelumnya berkirim surat kepada Gubernur Banten Wahidin Halim (WH) terkait permintaan Pemkot Cilegon untuk mengelola Terminal Seruni. (Luthfi/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.