Pemprov Banten Harus Dengar Permintaan Dana Penanganan Covid-19

  • Whatsapp
anggaran covid-19 Banten
Ketua DPRD Banten, Andra Soni.

KOTA SERANG, REDAKSI24.COM – Sejumlah kepala daerah di Kab/Kota berkirim surat kepada Gubernur Banten meminta Bantuan Keuangan (Bankeu) untuk menangani Covid-19 di daerahnya masing-masing.

Bantuan yang dimaksud, di luar Bankeu Pemprov Banten yang dialokasikan dalam APBD 2020, tapi pemberian dana khusus untuk percepatan penanganan Covid-19.

Bacaan Lainnya

“Titik beratnya gubernur berkenan memberikan bantuan kepada kabupaten/kota untuk pemenuhan penanganan kesehatan dan hal-hal lain terkait kesehatan. Lalu penyediaan jaring pengaman sosial dan penanganan dampak ekonomi terutama untuk menjaga agar dunia usaha di daerah masing-masing tetap hidup,” kata Ketua DPRD Banten Andra Soni usai Rapat Pimpinan (Rapim) DPRD Banten, Selasa malam (7/4/2020).

Andra menambahkan, alat-alat kesehatan yang dibutuhkan itu meliputi ventilator, obat-obatan, paket sembako untuk dibagikan kepada masyarakat terdampak Covid-19 dan program kegiatan padat karya di masing-masing desa terdampak.

“Saya rasa itu harapan yang wajar. Saya meyakini gubernur juga sudah memikirkan hal ini. Karena setiap kabupaten/kota tidak memiliki kekuatan fiscal yang sama. Contohnya Kabupaten Lebak, dananya sudah terpakai duluan untuk penanganan bencana. Ini harus dipikirkan,” jelasnya.

Politisi Partai Gerindra itu melanjutkan, sebagai bagian dari pemerintah, DPRD Banten, di hari ke-21 penanganan Covid-19 ini, terus berupaya memberikan suport yang terbaik kepada Pemprov Banten agar bisa memaksimalkan seluruh sumber daya yang dimiliki.

“Hari ini kami sepakat untuk masing-masing komisi dan juga Badan Anggaran (Banggar) untuk melakukan Rakor dengan TAPD. Kemudian juga dengan mitra-mitra komisi, yang tujuannnya adalah melaksanakan fungsi pengawasan, karena pemerintahan tetep berjalan,” ungkapnya.

BACA JUGA:

. Gubernur Banten Usulkan Tangerang Raya Masuk Zona PSBB Bersama Jakarta

. Lagi, Milenial Banten Salurkan Sembako Bagi Warga Kota Serang Terdampak Corona

. Pemprov Banten Diminta Siapkan Antispasi Jika Terjadi Lockdown

Selain itu, tambah Andra, tadi juga ada beberapa fraksi menyampaikan secara tertulis, rekomendasi-rekomendasi kepada pimpinan yang harus disampaiakan kepada Gubernur, salah satunya adalah meminta kepada pemerintah untuk betul-betul fokus merealokasi anggaran yang berpotensi tidak tercapai di tahun ini, untuk difokuskan penanganan Covid-19 sesuai arahan Presiden.

“Salah satunya di situ terkait proyek sport center. Kita menyadari kalau sport center dikerjakan tahun ini pasti tidak akan selesai juga, karena kita tahu itu multiyers. Jika pun dikerjakan hari ini, rakyat tidak merasakan manfaatnya, sedangkan yang dibutuhkan rakyat hari ini adalah aksi nyata, karena kita sudah dibatasi tidak keluar rumah dan segala macam,” jelasnya.

Di Kota Serang saja, pihaknya mendapat informasi satu keluarga tidak bisa makan akibat terdampak Covid-19.  “Pemerintah segera melaksanakan pertolongan atau perlindungan kepada masyarakat, bukan hanya dari Covid-19, tapi akibat lain dari pada pristiwa Covid-19, salah satunya kehilangan pekerjaan, kehilangan pendapatan dan kehilangan kemampuan untuk menghidupi keluarga,” tutupnya. (Luthfi/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.