Pemprov Banten Bebaskan Denda PKB di Semua Gerai Samsat

oleh -
Pemprov Banten Bebaskan Denda PKB di Semua Gerai Samsat bapenda provinsi banten pemutihan pajak
Kepala Unit Pelaksana Teknis Pelayanan Pendapatan Daerah (UPT PPD) Samsat Kelapa Dua Kabupaten Tangerang, Banten, Bayu Adi Putranto mengatakan, program pemutihan juga untuk mengurangi beban masyarakat pada masa pandemi Covid-19.

KABUPATEN TANGERANG, REDAKSI24.COM – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Banten memberlakukan program pemutihan denda pajak kendaraan bermotor (PKB) dan diskon pajak. Program itu untuk menyemarakan Hari Kemerdekaan Indonesia ke 76 tahun sekaligus menyambut HUT ke 21 Provinsi Banten pada 4 Oktober 2021.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Pelayanan Pendapatan Daerah (UPT PPD) Samsat Kelapa Dua Kabupaten Tangerang, Banten, Bayu Adi Putranto mengatakan, program pemutihan juga untuk mengurangi beban masyarakat pada masa pandemi Covid-19 serta menumbuhkan kesadaran masyarakat membayar pajak untuk menguatkan pendapatan asli daerah (PAD) Provinsi Banten melalui pajak kendaraan bermotor.

“Program bebas denda pajak kendaraan bermotor dan diskon pajak ini berlaku mulai 16 Agustus 2021 hingga 31 Desember 2021 mendatang,” jelas Bayu Adi Putranto.

Kebijakan itu, menurut Bayu, berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 23 Tahun 2020 tentang Pemulihan Ekonomi Nasional dan juga Peratyuran Gubernur Banten Nomor 32 Tahun 2021 tentang bebas denda pajak kendaraan bermotor.

BACA JUGA: Samsat Kelapa Dua Kabupaten Tangerang Luncurkan Nomor WA Informasi PKB

Dengan mengusung nama Combo Untung Kemerdekaan dan HUT Banten Ke-21, ada tiga program yang bisa dimanfaatkan masyarakat Banten dalam pembayaran pajak kendaraannya. Diantaranya, pembebasan atau penghapusan sanksi administrasi berupa denda PKB, BBNKB I, BBNKB II dan seterusnya yang sampai 31 Desember 2021.

Juga ada program bebas BBNKB 2 mutasi masuk maupun mutasi dalam daerah selanjutnya terkait Penghapusan Tunggakan Pokok PKB dan dendanya pada Tahun keempat, kelima dan seterusnya yang hanya dibayar selama 3 tahun.

Selanjutnya, untuk diskon pajak pada masa pajak kendaraan yang jatuh tempo pada November 2021 kemudian dibayar pada Agustus dan September 2021 akan dapat potongan 4%. Untuk kendaraan yang masa jatuh tempo pajaknya pada bulan Desember 2021 yang dibayarkan pada bulan Agustus dan September 2021 mendapatkan potongan diskon pajak sebanyak 6 persen.

Dan untuk masa pajak yang jatuh tempo Januari 2022 namun dibayarkan pada Agustus dan September 2021, ada diskon 10 persen namun diskon ini hanya berlaku sampai tanggal 30 September.

Untuk pelaksanaan program ini masyarakat bisa melaksanakan pembayarannya di seluruh Samsat yang ada, baik Samsat Polda Banten maupun Polda Metro Jaya yang tersebar di seluruh wilayah Provinsi Banten.

“Jadi banyak program yang bisa dimanfaatkan masyarakat Banten untuk pembayaran pajak kendaraannya di seluruh gerai Samsat Provinsi Banten,” imbuh Bayu.

Bayu juga mengungkapkan, pihaknya akan membuka layanan pajak kendaraan tahunan seperti biasa di semua gerai yang ada di mal atau pusat pusat perbelanjaan, setelah sebelumnya tutup selama masa PPKM darurat Jawa-Bali.

Bayu berharap masyarakat yang memiliki tunggakan PKB dapat memaksimalkan program penghapusan denda pajak dan bebas pajak bea balik nama dan diskon pajak lainnya.

“Penerapan Prokes (protokol kesehatan) menjadi prioritas pelayanan bersama kami dengan Polri dan Jasa Raharja di semua Kantor Samsat dan Gerai Samsat selama masa pandemi Covid-19,” tandas Bayu.(Difa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.