Pempek Pak Raden: Pelopor Pempek dan “Kapal Selam” Pertama Bersertifkat Halal

  • Whatsapp
Pempek Pak Raden
Pempek Pak Raden di Jalan Raya Serpong, Tangerang Selatan.

KOTATANGSEL, REDAKSI24COM– Pecinta kuliner sudah pasti ngehit banget dengan panganan asal Kota Palembang ini. Bener banget, Pempek namanya. Untuk berburu kuliner pempek pastilah cukup mudah. Di setiap sudut kota mulai dari emperan trotoar sampai ke restoran dan mall. Pasti ada panganan tradisional “wong” Palembang ini.

Namun tidak banyak yang tahu, cikal bakal menjamurnya pempek di berbagai Kota di Indonesia, khususnya Jabodetabek adalah Pempek Pak Raden. Dimulai dari menyewa kios saat masa orde baru, Pempek Pak Raden sudah ada diwilayah Depok kemudian Pasar Minggu lalu Mampang

Bacaan Lainnya

Bukan hanya cikal bakal menjamurnya pempek di Jabodetabek, Pempek Pak Raden juga yang pertama kali mendapatkan Sertifikat Halal dari MUI. “Awalnya sepupu kami Yayan yang mempeloporinya di wilayah Depok, kemudian baru saya ikut eksodus dan dimulai dari pasar Minggu. Tak lama kemudian Yayan buka cabang lagi di Mampang,” celoteh pemilik Pempek Pak Raden Serpong, H M Ridwan Rifa’i.

Pria yang hobby musik dan biasa disapa Iwan ini mengungkapkan Pempek Pak Raden yang ada di seluruh Indonesia merupakan keluarga besar dan tidak di franchise. “Ini usaha turun menurun keluarga mulai dari orang tua sampai anak cucu,” ungkapnya.

Berawal ekspansi dari Palembang ke Pasar Minggu Jakarta Selatan, saat ini Iwan sudah mempunyai 3 cabang Pempek Pak Raden. Didaerah Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Meruya Jakarta Barat dan Serpong Kota Tangerang Selatan.

Ketika disinggung kunci suksesnya usaha makanan tradisional asal Palembang yang terkenal dengan sebutan Pempek Kapal Selam ini, Iwan berkilah hanya dengan usaha, doa dan tekun.

“Usaha sambil berdoa, tekun menjalaninya dan yang paling penting menjaga cita rasa Pempek, khusunya cuko (cuka kuah pempek) agar tidak berubah,” ujarnya.

Selain itu, sambungnya, bahan baku sampai yang memproduksi pempek, semuanya asli dari Palembang. “Mulai dari ikan, gula merah semuanya dikirim dari Palembang dan yang membuatnya disini wong (orang) Palembang juga,” tukasnya.

Mengikuti era milineal, Pempek Pak Raden saat ini sudah dapat di pesan secara online melalui aplikasi Go food dan Grab Food. Bahkan di tahun 2016, Pempek Pak Raden mendapatkan penghargaan dari Go-JEK Indonesia untuk kategori Most Enjoyable Quick Bites di tahun 2016.

“Sekarang kan era mileneal kalau kita tidak mengimbanginya, kita akan digulung oleh usaha kuliner lain yang menjamur di setiap sudut. Ya salah satunya kita menghadirkan makanan tradisional asal Palembang selain Pempek,” ucapnya.

Salah satu menu selain Pempek yang dihadirkan Pempek Pak Raden saat ini untuk di serpong, meruya dan pasar minggu Pindang Tulang disajikan masih panas dengan satu porsi nasi. “Kalau pindang tulang pas banget untuk makan siang dan makan malam, dan dengan hanya uang gocap (Rp 50 ribu) plus masih ada kembalianya, sudah bisa menikmati pindang tulang,” canda Iwan sembari menambahkan untuk makanan tradisional selain pempek, Pempek pak raden di berbagai wilayah untuk penyajian dan menu tambahan makanan tradisional palembang lainnya tidak ada pakemnya.

Selain Pempek Kapal selam, Pempek Pak Raden juga menyajikan menu pempek lenjer besar, varian pempek berukuran kecil mulai telur sampai kulit hingga Model dan Tekwan. Untuk minumannya, ada Es khas Palembang, yakni es kacang merah.

Salah satu pecinta kuliner pempek, Mas Bepo memberikan recommended ke pecinta kuliner pempek dan harganya masih cukup terjangkau untuk semua kalangan. “Saya suka banget makan pempek, dari berbagai pempek yang sudah saya coba di jabodetabek. Baru kali ini saya menemukan pempek dan cukanya itu kata orang-orang berasa makan di tempat asalnya Palembang,” selorohnya

Sementara Suci, lebih mengomentari Pindang Tulang. “Kalau pempek ga perlu dikomentarilah, Pak Raden the bestnya. Ternyata Pindang tulang itu enak juga, pas dilidah kita untuk sarapan makan siang atau malam,” tuturnya.

Selain di Jabodetabek, warga Bandung sekitarnya atau yang sedang liburan ke Bandung dan ingin makan Pempek Pak Raden, ada di Jalan Sarijadi, Surapati, Pajajaran dan Antapani Bandung.

Seperti diketahui Pempek Pak Raden menerima pesanan untuk berbagai acara. Dan tidak perlu ke Palembang memesanya, karena diwilayah Jabodetabek Pempek Pak Raden ada di Jalan Raya Serpong, Tangerang Selatan, Jalan Raya Pasar Minggu No 28 Jakarta Selatan, Jalan Radio dalam Gandaria, Jalan Bintaro utama blok J3, Jalan alternatif cibubur, Jalan RS Fatmawati No 48 Jakarta Selatan, Jalan Meruya Ilir No 40 Jakarta Barat. (Adr)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.