Pemkot Tangsel Terbitkan Mushaf Al Quran, Bermotif Icon Anggrek dan Budaya Lokal

  • Whatsapp
Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany

KOTA TANGSEL,REDAKSI24.COM–Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) menerbitkan mushaf Al Quran bermotif Icon khas dan budaya lokal Tangsel. Mushaf itu dilaunching saat tasyakuran HUT ke-12 pada Rabu (25/11/2020). 

Wali Kota Tangsel, Airin Rachmi Diany mengatakan, dalam mushaf tersebut ada ornamentasi ciri khasanah budaya lokal dan icon Tangsel. Yakni blandongan atau rumah adat Betawi dan bunga anggrek yang jadi icon Tangsel.

Bacaan Lainnya

“Dari sisi kegunaan praktis, ini sebagai bentuk upaya nyata mengentaskan buta aksara Alquran. Dari sisi sosial  dalam konteks pelestarian identitas ciri khas dan khasanah Kota Tangsel,” ungkapnya.

Di samping itu, Airin meminta pihak kelurahan dan kecamatan aktif melakukan bimbingan tilawatil quran. Tidak hanya sekedar untuk persiapan lomba, tapi menjadikan baca Al Quran sebagai kebiasaan.

“Masih ada tugas yang harus dituntaskan.

LPTQ kecamatan dan kelurahan dihidupkan kembali secara daring melakukan pembinaan dan pengajian. Jangan aktif hanya menjelang lomba MTQ Tangsel aja,” pungkasnya.

Pemasangan ornamen icon Tangsel berupa bunga Anggrek dan blandongan itu disebut-sebut sudah melalui hasil riset. Sehingga tidak asal pasang ke dalam mushaf Alquran.

Airin berharap,  mushaf Alquran Tangsel itu ke depan tidak hanya dalam bentuk hardcopy tetapi juga dapat diterbitkan dalam bentuk digitalisasi. Sehingga siapapun masyarakat umum dapat memilikinya secara digital dan memudahkan membacanya dimanapun dan kapanpun melalui gadgetnya.

“Ke depan kami akan digitalisasi, jadi tinggal download di aplikasi sehingga dimanapun kapanpun bisa membaca Alquran dengan mushaf. Ada permintaan juga bagi kami sekarang ini kalau baca Quran pengen sebelahnya ada artinya ini juga tantangan,” ungkap Airin.

“Paling penting pada saat kita sudah launching mushaf Al Quran yaitu mendorong masyarakat untuk gemar membaca Alquran, mengisi dan mengetahui isi kandungan Al Quran, serta dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari,” tambah Airin.

Mushaf Al Quran Tangsel

Diketahui, mushaf Al Quran Tangsel itu bakal dicetak sebanyak 5.000 eksemplar. Nantinya, bakal dibagikan ke sejumlah lembaga yang sudah ditentukan. Mulai dari lembaga pendidikan agama dan lembaga pengembangan tilawatil quran dan lainnya.(Advertorial)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.