Pemkot Tangsel Buka Gerai Anjungan Disdukcapil Mandiri di Mall, Masyarakat Bisa Urus Adminduk Sambil Jalan-Jalan

  • Whatsapp
Wali kota tangsel
Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany resmikan Anjungan Disdukcapil Mandiri (ADM) di mall Pamulang Square.

KOTA TANGSEL, REDAKSI24.COM –  Pemerintah Kota Tangerang Selatan mendapat bantuan alat Anjungan Disdukcapil Mandiri (ADM) yang ditempatkan di mall Pamulang Square.

ADM tersebut, sudah mulai bisa digunakan masyarakat sejak Senin (14/9/2020). Dengan ditempatkan di mall itu, diharapkan warga antusias mengurus keperluan administrasi kependudukan (adminduk) sambil jalan-jalan ke mall.

Bacaan Lainnya

Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany mengatakan, dengan adanya ADM di mall dapat mengurangi kerumunan antrian pelayanan adminduk di kantor Disdukcapil di tengah pandemi Covid-19. 

“Walaupun dalam kondisi Covid-19, pelayanan publik harus berjalan. Salah satunya dengan memecah, sehingga tidak ada kerumunan. Jadi orang bisa ada beberapa alternatif, tidak hanya di kantor Dukcapil di Cilenggang atau di kecamatan, tapi juga bisa di mall,” katanya setelah meresmikan penggunaan ADM di mall Pamulang Square, Senin (14/9/2020).

BACA JUGA: Disdukcapil Tangsel Mulai Buka Layanan Tatap Muka

Dengan adanya ADM di mall tersebut, Airin berharap, selain meningkatkan minat masyarakat tertib adminduk juga meningkatkan geliat ekonomi para pelaku usaha di mall.

“Saat ini, ngurus adminduk bisa sambil belanja ke mall. Kalau di mall, mudah-mudahan pertumbuhan ekonomi juga jalan. Tapi saya titip pesan, tetap ikutin protokol kesehatan Covid-19. Jangan sampai berkerumun,” tegas Airin.

Dalam sehari, ADM bantuan dari Kemendagri itu ditargetkan dapat melayani 100 kuota pelayanan KTP-el dan 50 kuota untuk pelayanan Kartu Identitas Anak (KIA). Tetapi lantaran masih uji coba, kuotanya pun hanya 50 persen dari yang ditargetkan.

BACA JUGA: Wow, Warga Tangsel Kini Bisa Cetak 7 Jenis Administrasi Kependudukan Pakai ATM di Mal

Sementara itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangsel Dedi Budiawan menyebut, kini ADM sudah ada di empat mall Tangsel, seperti mall Living World Alam Sutera, Teras Kota, dan dua lainnya yang baru diresmikan hari ini di Bintaro Plaza dan Pamulang Square.

“Nantinya seluruh ADM di mall-mall tersebut dapat melayani tujuh keperluan adminduk. Yakni Kartu Keluarga (KK), KTP, KIA plus 4 akte. Semua titik sudah berjalan,” kata Dedi.

Di setiap lokasi ADM yang ada di mall tersebut, nantinya akan ada petugas yang berjaga untuk membantu memudahkan pelayanan masyarakat. “Jam kerja untuk petugasnya sedang kita atur apakah mengikuti sesuai jam buka mall dari jam 9 pagi sampai jam 9 malam. Atau mengikuti jadwal kerja di kantor pemerintahan,” pungkasnya. (wvyh/Aan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.