Pemkot Tangerang Raih Nominasi di Innovative Government Award Tahun 2021

oleh -
Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kota Tangerang, Sugihharto Ahmad Bagdja.

KOTA TANGERANG, REDAKSI24.COM- Pemerintah Kota Tangerang patut berbangga dengan pencapaian Innovative Government Award Tahun 2021 karena menjadi satu satunya perwakilan Provinsi Banten yang mendapatkan nominasi pada penghargaan Innovative Government Award (IGA) Tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kota Tangerang ” SUGIHHARTO AHMAD BAGDJA” yang akrab dipanggil Ugi menjabarkan, Kota Tangerang akan mempresentasikan  Inovasi Daerah yang rencananya akan digelar pada 25 November mendatang, dan kota tangerang bersama 11 nominator lainnya.

“Kita tentunya merasa sangat bangga, karena kota tangerang satu satunya perwakilan dari provinsi Banten yang masuk nominasi pada penghargaan Innovative Government Award (IGA) Tahun 2021” kata Ugi.

Saat ini dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Dalam Negeri kembali melakukan pengukuran dan penilaian Indeks Inovasi Daerah serta penghargaan Innovative Government Award (IGA). Sebagai langkah awal dari Badan Litbang Kemendagri pun saat ini menggelar Sosialisasi Penilaian Indeks Inovasi Daerah dan Pemberian Penghargaan Innovative Government Award (IGA) Tahun 2021.

Sosialisasi tersebut dilaksanakan untuk menyamakan persepsi mengenai Indeks Inovasi Daerah dan mendorong daerah agar segera melaporkan inovasinya kepada Menteri Dalam Negeri. 

Salah satu nya pemkot tangerang yang telah melaporkan hasil pembaruan dalam sistem indeks inovasi daerah. Hal tersebut sesuai yang diamanatkan dalam  Undang-Undang  No. 23  Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah Pasal 388 ayat (7). “Dimana setiap kepala daerah melaporkan inovasi daerah yang akan dilaksanakan kepada Menteri Dalam Negeri,” ujar Ugi.

Lebih lanjut  Ugi, mengatakan, bahwa setiap tahun, Kemendagri melakukan pengukuran dan penilaian Indeks Inovasi Daerah. Menurut informasi yang diterima, bahwa pada tahun 2020 lalu, Kemendagri telah menjaring sedikitnya 17.779 inovasi dari 484 pemerintah daerah. 

Dengan terbuka nya peluang  pada penghargaan Innovative Government Award (IGA) Tahun 2021 ia berharap kota tangerang dapat kembali mendapatkan Dana Insentif Daerah (DID) sebagai apresiasi dari Kemendagri melalui Kementerian Keuangan dan  memperkuat kerjasama antar daerah, sehingga mendorong terciptanya pelayanan publik yang optimal.

Selain berkompetisi dalam inovasi, daerah juga perlu membina kerja sama, berkolaborasi, saling mengisi, saling belajar dan mengoptimalkan kekhasan daerah. “Jadi kita tidak semata-mata hanya ingin mendapatkan penghargaan dalam melakukan inovasi. Namun yang terpenting adalah agar tercipta budaya kerja yang kreatif dan inovatif,” terang Ugi.

“Inovasi bukan tujuan, tapi cara kita meningkatkan kinerja daerah dalam mencapai tujuan otonomi daerah, yaitu meningkatkan kesejahteraan khususnya masyarakat kota tangerang,” tandas Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kota Tangerang ” SUGIHHARTO AHMAD BAGDJA”. (ADV)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.