Pemkot Tangerang Diminta Segera Publikasikan Data Bansos Dan Anggaran Covid-19

  • Whatsapp
Ilustrasi: PNS Kota Tangerang apel sebelum pandemi Covid-19.

KOTA TANGERANG, REDAKSI24.COM – Pemerintah Kota Tangerang dinilai tertutup soal data penerima Bansos. Hal itu diperkuat dengan belum dipublikasinya bantuan sosial (Bansos) Covid-19 dari kementerian sosial (kemensos) dan Provinsi Banten. 

Wakil Koordinator Tangerang Public Transparency Watch, Ahmad Priatna menjelaskan, hal ini semakin memperkuat dugaan bahwa Pemkot Tangerang tertutup atas informasi publik. 

Bacaan Lainnya

“Wajar saja apabila banyak timbul persoalan terkait kusut nya penyaluran bantuan sosial Covid-19. Berdasarkan data aduan dan pemantauan bantuan sosial Covid-19 yang kami miliki, mayoritas masyarakat mengeluhkan distribusi bantuan sosial yang tidak tepat sasaran, banyak warga yang seharusnya mendapatkan bantuan justru tidak mendapatkan,” ujar Priatna kepada Redaksi24.com melalui pesan WhatsApp, Kamis (9/7/20).

BACA JUGA: Wali Kota Janji Publikasikan Anggaran Covid-19 di Situs Resmi Milik Pemerintah Kota Tangerang

Ia melanjutkan, masyarakat sulit mengakses data informasi rincian data penerima Bansos, sehingga masyarakat tidak tahu kemana dan kepada siapa Bansos itu disalurkan.

Jika dibandingkan dengan daerah  lain di Tangerang Raya, seperti Kota Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang, kata dia, data Bansos tersebut dipublikasikan di website resmi mereka. Tapi kenapa di Kota Tangerang tidak.

“Ada apa ini?, Kami sebagai masyarakat mendesak agar Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah dan Wakil Wali kota Tangerang, Sachrudin lebih terbuka soal Bansos Covid-19, baik anggaran yang di refocusing maupun anggaran yang direlokasikan,” papar dia.

Secara formal, tambahnya, pihaknya sudah  meminta informasi  tersebut. Tapi tidak pernah digubris. Padahal berdasarkan  Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008, tentang keterbukaan informasi publik, baik melalui jalur perseorangan dan kelompok atau lembaga (Pasal 1 point 12 UU KIP) harus dilakukan secara terbuka. 

Sementara itu Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah ketika dikonfirmasi soal anggaran Covid-19, selalu berjanji akan segera mempublikasikannya. “Ya nanti kami publikasikan,” ujarnya. (Haris/Aan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.