Pemkot Surakarta Izinkan Digelarnya Kompetisi Sepak Bola

oleh -
Pemkot Surakarta, kompetisi, sepak bola, bioskop, satgas covid-19, protokol kesehatanj,
Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kota Surakarta, Ahyani.

SOLO, REDAKSI24.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta sudah mengizinkan kembali menggelar kompetisi sepak bola Piala Menpora 2021 pada perpanjangan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) ketiga mulai tanggal 9-22 Maret mendatang.

Selain kompetisi, Pemkot Surakarta juga menginzinkan gedung bioskop untuk kembali beroperasi di masa pemberlakuan PPKM ketiga. Gedung bioskop sudah boleh buka mulai Selasa (9/3/2021), dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Sedangkan kegiatan olahraga kompetisi sepak bola juga diizinkan untuk digelar, tetapi tanpa penonton,” kata Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Kota Surakarta, Ahyani, di Solo, Senin (8/3/2021).

Pemkot Surakarta telah memberikan izin kompetisi Piala Menpora 2021 yang akan digelar di Stadion Manahan Solo pada 21 Maret mendatang. Mekanismenya, kata Ahyani, pengelola atau penyelenggara harus meminta izin sama dengan olahraga kompetisi sepak bola boleh melaksanakan, tetapi tanpa penonton.

“Pengelola atau penyelenggara harus menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat terhadap atletnya,” imbuh Ahyani.

BACA JUGA: Asyik, Tim Satgas COVID-19 di Banten Bakal Dapat Insentif

Ahyani menjelaskan, gedung bioskop di Solo, ada di Solo Square, Solo Grand Mall (SGM), dan Paragon Mall. Namun, pengelola harus tetap dilakukan persiapan terlebih dahulu, misalnya ruang studio harus prokes.

“Satu kursi penonton harus dilipat atau dikosongkan untuk jarak antara pengunjung satu dengan kedua. Satu kursi kosong untuk jaga jarak tetap prokes, dan setelah selesai pemutaran film ganti penonton langsung disemprot disinfektan,” katanya.

Pemkot Surakarta memutuskan memperpanjang PPKM mikro selama 14 hari ke depan, meski Solo tidak ada lagi kelurahan yang masuk zona merah Covid-19. Perpanjangan PPKM mikro ketiga ini, bersamaan pelonggaran sejumlah kebijakan yang baru.

“Satgas COVID-19 Surakarta juga akan melakukan pengecekan di lokasi bioskop. Kami meminta pada pengelola bioskop untuk tetap menerapkan prokes ketat,” katanya.

Dia menjelaskan dengan dilakukan kebijakan baru tersebut, karena melihat kondisi beberapa kegiatan-kegiatan sudah mulai berjalan, termasuk adanya kompetisi sepak bola Liga Indonesia.

“Hal ini, nanti akan dievaluasi sambil berjalan, jika muncul klaster dari kegiatan itu, akan dihentikan. Kebijakan mulai berlaku, Selasa (9/3),” katanya.

Namun, kata dia, khusus pentas musik di Solo belum diizinkan. Masyarakat yang menggelar hajatan tetap diizinkan di gedung pertemuan dengan kapasitas kursi sekitar 25 persen dari kapasitas ruangan.

Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka menyampaikan aturan PPKM mikro yang ketiga baru ditandatangani pada Selasa (9/3).

“Kami mengizinkan turnamen sepak bola Piala Menpora di Solo, tanpa penonton. COVID-19 di Solo sudah menurun, tetapi protokol kesehatan tetap jalan,” kata Gibran.(ANT/DIFA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.