Pemkot Serang Siapkan Sarana Informasi Publik Terkait Bahaya Covid-19

  • Whatsapp
Diskominfo Kota Serang
Wali Kota Serang, Banten, Syafrudin.

KOTA SERANG, REDAKSI24.COM – Masyarakat Kota Serang, Banten kini dapat mengakses berbagai kanal milik Pemerintah Kota (Pemkot) Serang terkait informasi corona virus disease atau Covid-19. Informasi itu itu bisa diakses melalui situs infocorona.serangkota.go.id, media cetak, elektronik online hingga media sosial.

Akses tersebut merupakan upaya Pemkot Serang dalam menciptakan keterbukaan informasi publik serta mengedukasi masyarakat khususnya Kota Serang mengenai bahaya virus corona atau covid-19.

Bacaan Lainnya

Wali Kota Serang, Syafrudin mengatakan, upaya percepatan penanganan virus corona atau covid-19 yang menyebar di Kota Serang terus dilakukan, Ini merupakan bentuk keseriusan Pemkot Serang, demi mengutamakan keselamatan warganya.

“Ini demi percepatan penanganan virus corona yang menyebar di Kota Serang,” katanya di Kota Serang, Rabu (15/4/2020).

Senada dengan itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Serang, Hari Pangmungkas mengungkapkan, pihaknya telah menginisiasi sarana informasi mengenai virus corona atau covid-19 baik vertikal dan horizontal dengan menggunakan seluruh kanal mulai, cetak, elektronik, online hingga medsos.

“Jadi informasinya bisa diterima di website resmi kami, mau pun siaran pers yang setiap hari kami lakukan jam 5 sore,” katanya.

Untuk website di infocorona.serangkota.go.id, kata dia, diinisiasi Kominfo, yang sumber datanya dari Dinas Kesehatan Kota Serang. “Kami sudah sepakat dengan seluruh dinas kesehatan baik provinsi, kota, diskominfo provinsi kabupaten atau kota untuk berbagi informasi,” ungkapnya.

Diskominfo Kota Serang
Kepala Diskominfo Kota Serang, Banten, Hari Pamungkas.

Data mengenai virus corona atau covid-19 itu, sambung Hari, disampaikan setiap pukul 18.00 WIB ke Dinas Kesehatan Provinsi Banten dan harus diuploud. Hari melanjutkan, Isi dari website infromasicorona.serangkota.go.id itu pertama dengan status atau identifikasi sebaran.

Kemudian berisi iklan layanan publik, terkait dengan pencegahan Covid-19. Lalu diberikan panduan bila ada yang terduga Covid-19. Ada juga pemetaaan penyebaran Covid-19 di masing-masing kecamatan.

“Respon masyarakat sangat bagus, selain itu juga kami juga memberikan imbauan preventif melalui Medsos (media sosial) dan website resmi Pemkot Serang,  juga menyampaikan informasi mengenai phisycal distancing, PHBS, menggunakan masker setiap hari untuk aktivitas setiap hari, kami selalu utamakan di pemberitaan,” jelasnya.

BACA JUGA:

. Tolak Pansus Covid-19, DPRD Kota Serang Kuatkan Fungsi Pengawasan

. Hadapi Pandemi Covid-19, Stok Beras di Kota Serang Cukup untuk 3 Bulan

. IKM dan UMK Terdampak Corona di Kota Serang Bakal Dapat Dana Stimulus

Selain itu, untuk mengantisipasi hoax, Kominfo setiap hari juga menerbitkan siaran pers dan konperensi pers untuk menjelaskan situasi terkini terkait antisipasi penyebaran covid-19 di Kota Serang.

“Kami harap seluruh masyarakat dengan dibantu rekan-media media bisa mendapatkan informasi yang benar terkait penanganan covid-19 di Kota Serang,” jelasnya.

Untuk memaksimalkan itu, diungkapkan Hari, pihaknya juga membuat akun resmi Diskominfo di instagram dengan nama Selaw Bro atau Serang Lawan Berita Hoax. “Untuk menginformasikan kepada masyarakat terkait berita yang bersifat disinformasi atau hoax yang beredar di Kota Serang,” tandasnya.(Advertorial)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.