Pemkab Tangerang Prioritaskan Vaksinasi COVID-19 Bagi Guru dan Lansia

oleh -
Pemkab Tangerang Prioritaskan Vaksinasi COVID-19 Bagi Guru dan Lansia

KABUPATEN TANGERANG,REDAKSI24.COM–Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang, Provinsi Banten, kembali melanjutkan program vaksinasi COVID-19 bagi warganya. Dengan keterbatasan jumlah vaksin yang tersedia saat ini, maka Pemkab Tangerang akan memprioritaskan program vaksinasi COVID-19 tersebut bagi pelayanan publik, seperti tenaga pendidik dan warga lanjut usia (lansia).

Juru Bicara Satgas COVID-19 Kabupaten Tangerang Hendra Tarmizi menjelaskan, pada vaksinasi setelah Lebaran ini pihaknya akan memprioritaskan tenaga pendidik untuk memenuhi target pembelajaran tatap muka yang direncanakan mulai Juli mendatang.

“Sekarang ini kami lebih spesifik vaksinasi kepada guru dan lansia karena dengan sasaran itu kita akan melaksanakan pembelajaran tatap muka. Dan itu juga seperti arahan dari pemerintah pusat,” katanya, Selasa (18/5/2021).

BACA JUGA: Pemkab Tangerang Tutup Wisata World Of Wonder Citra Raya

Ia menuturkan, selain prioritas terhadap tenaga pendidik, pemberian vaksinasi juga akan dilakukan pada lansia, karena golongan tersebut sangat rentan terpapar virus corona yang saat ini masih melanda.

BACA JUGA: Ini Lima Fakta Fakta Strategi Keberhasilan Tangani Pandemi yang Diungkap Satgas Covid-19 

Kemudian, dosis vaksin yang tersedia di Kabupaten Tangerang saat ini, dikatakan Hendra, yaitu sebanyak 20.000 dosis.

BACA JUGA: Bapenda Kabupaten Tangerang Tagih PT Taman Sari Pakai Baliho

“Dosis saat ini kita tersedia lebih kurang hampir sekitar 20.000 vaksin jenis Sinovac yang siap digunakan,” ujarnya.

Ia menyebutkan, secara lengkap dari awal vaksinasi di bulan Ramadan sudah ada sekitar 18.000 tenaga pendidik dan 14.000 lansia yang selesai divaksin.

“Kalau target vaksinasi guru sebanyak 37.000 orang dan lansia sebanyak 163.000 orang. Jadi sampai sekarang ini masih banyak karena memang dosis vaksin juga terbatas,” ujarnya.

Sementara untuk mempercepat vaksinasi guru dan lansia, sejumlah fasilitas kesehatan, seperti puskesmas dan rumah sakit (RS) telah ditunjuk oleh pemkab setempat untuk bisa melayani proses vaksinasi.

“Faskes yang ada, seperti dari 44 puskesmas, 24 RS ditambah sentra vaksinasi yang ada di mal itu sudah cukup membantu pemercepatan penyuntikan vaksin,” ucapnya.

Selama ini, Pemkab Tangerang mengharapkan seluruh tenaga pendidik dan lansia di wilayahnya itu bisa selesai divaksin dalam waktu dekat sesuai dengan target yang ditentukan. Oleh karena itu pihaknya terus berupaya mempercepat program itu terealisasi.

“Sebetulnya di bulan ini sudah selesai, tetapi kan ketersediaan dosis vaksin masih belum terpenuhi dan terbatas,” kata Hendra. (Azmi/Ant/Hendra)

No More Posts Available.

No more pages to load.