Pemkab Tangerang Jamin Stok Beras Aman Saat Pandemi COVID-19

oleh -
Pemkab Tangerang Jamin Stok Beras Aman Saat Pandemi COVID-19 kabupaten tangerang
Kepala Penyuluh Pertanian Muda Dispertan Kabupaten Tangerang, Sahri kepada wartawan Rabu (23/2/2022) mengakui sekitar 172.586 ton beras yang dihasilkan belum bisa memenuhi kebutuhan seluruh penduduk Kabupaten Tangerang.

KABUPATEN TANGERANG, REDAKSI24.COM – Pemkab Tangerang, Banten melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Dispertan), memastikan stok kebutuhan beras bagi 4 juta jiwa di daerah seribu industri ini terbilang aman.

Jaminan itu disampaikan Kepala Penyuluh Pertanian Muda Dispertan Kabupaten Tangerang, Sahri kepada wartawan Rabu (23/2/2022). Dia mengakui sekitar 172.586 ton beras yang dihasilkan belum bisa memenuhi kebutuhan seluruh penduduk Kabupaten Tangerang.

Namun, kata Sahri, jumlah tersebut masih terbilang aman karena pemenuhan kebutuhan beras dapat tertutupi dari distribusi beras wilayah pendamping.

“Luas tanam pada tahu 2021 berjumlah 73.722 hektar, dari luas itu hasil panen akan tidak sesuai dengan angka luas tanam karena mengalami puso, baik akibat cuaca maupun hama,” ungkapnya.

BACA JUGA: Kasus Melonjak, Satgas COVID-19 Sarankan Warga Tidak Gelar Hajatan

Lebih lanjut Sahri mengatakan, saat ini lahan pertanian eksisting petani yang ada di 29 kecamatan luas bakunya 36.202 hektar. Luas lahan baku itu mendapat dua musim masa tanam, diantaranya pada awal Oktober sampai Maret, kemudian April sampai September.

“Produksi beras dari luas lahan itu di sejumlah sentra petani Kabupaten Tangerang baru mencapai 108.280 ton beras,” jelasnya

Kemudian Sahri mengungkapkan untuk hasil produksi dari gabah kering giling (GKG) yaitu mencapai 354.032 ton, tapi jika dikonversikan dengan produksi beras hanya menjadi 172.586 ton.

“Meski begitu kami menjamin kebutuhan beras produksi lokal pada masa pandemi COVID-19 bisa terpenuhi,” tandasnya.(Deri/Difa)