Pemkab Tangerang Evaluasi Pelaksanaan Proyek Tol Baru

oleh -
Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar.

KOTA TANGERANG, REDAKSI24.COM– Pemerintah Kota Tangerang mengevaluasi proyek jalan tol baru yang tahap pembangunannya dimulai pada tahun 2021 ini, dengan meliputi empat ruas.

“Untuk empat ruas tol baru itu, saat ini masuk tahapan pelaksanaan. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang mengevaluasi semua proses pelaksanaan ini bisa berjalan dan kemudian sampai tahun berapa penyelesaiannya,” kata Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar, di Tangerang, Rabu.(21/7/2021)

Empat ruas tol itu adalah Serpong-Balaraja, ruas tol Kamal-Teluknaga, Rajeg-Balaraja (tol Kataraja), ruas tol Semanan-Balaraja (Serbaraja) dan ruas tol Pakuhaji-Sepatan-Timur-Neglasari Bandara Soekarno Hatta.

Ia menuturkan pembangunan di empat ruas tol baru di Kabupaten Tangerang tersebut merupakan program strategis nasional oleh pemerintah pusat untuk memudahkan akses jalan lebih cepat dan aman.

“Yang jelas ini semua proyek strategis nasional, dan ini sudah diberikan izin dari Kementerian,” katanya.

BACA JUGA: Gubernur Banten Pastikan Lokasi Proyek Strategis Nasional Sudah Ditetapkan

Ia menjelaskan dalam pelaksanaan pembangunan proyek itu semua diinisiasi oleh perusahaan swasta yang sudah memenangi lelang.

Pemkab Tangerang hanya bertugas untuk memonitor atau mengawasi dalam perencanaan, pembebasan lahan dan pembangunannya dapat berjalan baik.

“Pemkab hanya memonitor saja dan mengevaluasi, baik dalam perencanaan atau pembangunan itu,” ujarnya.

BACA JUGA: Ratusan Truk Penyuplai Tanah Pengembangan PIK Rusak Jalan di Kota Tangerang

Ia juga mengungkapkan bahwa saat ini ada sejumlah ruas tol yang masih masuk tahapan lelang oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan di dalamnya termasuk proyek pembangunan Tol Kartaraja.

“Seperti proyek Tol Kataraja  dari Bandara Soekarno Hatta ke Balaraja sudah dalam progres di PUPR untuk persiapan lelang,” ungkapnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tangerang Moch Maesyal Rasyid menyebutkan terkait pembebasan lahan dalam pembangunan tol itu semua ditangani oleh pihak pengembang dengan tiga tahapan pembangunan.

Namun, untuk saat ini dalam pembangunan tersebut baru memasuki satu tahapan yang mencapai 94 persen. “Jadi tahapan-tahapan itu masih ada yang belum dilakukan, dan ini masih sedang berjalan. Mungkin nanti di tahapan kedua sampai tiga kami akan meminta progres pengembangannya,” ujarnya.

Sekda menuturkan pembangunan tol ini untuk memenuhi kebutuhan sarana infrastruktur transportasi masyarakat di wilayah Kabupaten Tangerang di masa yang akan datang.

“Tentunya program strategis nasional ini dalam bentuk tol Serbaraja sepanjang 33 kilometer sebagai salah satu upaya pengembangan infrastruktur transportasi masyarakat,” kata Sekda.(Azmi/Ant/Aan)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.