Pemkab Tangerang Bahas Perubahan RPJMD 2019-2023

oleh -
Pemkab Tangerang, Bahas, Perubahan RPJMD 2019-2023, bupati tangerang, rencana pembangunan, musrenbang,
Bupati Tangerang, A Zaki Iskandar mengakui perlu untuk merumuskan kembali arah kebijakan serta program pembangunan daerah yang efektif, efisien dan akuntabel. Karena RPJMD merupakan dokumen perencanaan yang dijadikan acuan dalam penyusunan dokumen perencanaan selanjutnya.

KABUPATEN TANGERANG, REDAKSI24.COM – Musyawarah Rencana Pembangunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (Musrenbang RPJMD) Kabupaten Tangerang 2019-2023 digelar secara virtual di Pendopo Bupati Tangerang, Kamis (12/8/2021).

Bupati Tangerang, Banten, A Zaki Iskandar yang membuka Musrenbang secara virtual itu mengatakan, berdasarkan hasil evaluasi terhadap RPJMD Kabupaten Tangerang Tahun 2019-2023, akibat dari refocusing dan realokasi anggaran untuk penanganan pandemi COVID-19 tahun 2020, terdapat beberapa target kinerja yang harus disesuaikan.

“Maka dengan perubahan kebijakan pusat, harus dijadikan acuan dalam Penyusunan RPJMD, sehingga perlu dilakukan Perubahan atas Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2019 tentang RPJMD Kabupaten Tangerang Tahun 2019-2023,” jelas Zaki.

Menurutnya, sehingga dirasa perlu untuk merumuskan kembali arah kebijakan serta program pembangunan daerah yang efektif, efisien dan akuntabel. Karena RPJMD merupakan dokumen perencanaan yang dijadikan acuan dalam penyusunan dokumen perencanaan selanjutnya.

BACA JUGA: Pemkab Tangerang-Pemkot Tangsel Kerjasama Pelayanan Publik

“Kami berharap seluruh komponen pembangunan dapat memberikan sumbangsih gagasan, dan pemikiran, sehingga melalui Musrenbang dapat mengakomodir berbagai aspirasi masyarakat dari tingkat bawah,” harap Zaki.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tangerang, Moch Maesyal Rasyid dalam laporannya mengatakan, perubahan RPJMD dapat dilakukan bila terjadi perubahan yang mendasar dan sisa masa berlakunya tidak kurang dari tiga tahun.

“Pandemi COVID-19 yang terjadi pada tahun 2020 merupakan salah satu bentuk perubahan RPJMD yang mendasar,” jelas Sekda.

Perubahan RPJMD, kata dia, juga mengacu pada Permendagri Nomor 86 Tahun 2017 tentang tata cara perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah, tata cara evaluasi Rancangan Perda tentang RPJPD dan RPJMD, serta tata cara perubahan RPJPD, RPJMD dan RKPD.

Menurutnya, tujuan Musrenbang rancangan perubahan RPJMD 2019-2023 Kabupaten Tangerang untuk penajaman penyelarasan klasfikasi dan kesepakatan terhadap tujuan sasaran strategi arah kebijakan dan program pembangunan daerah yang telah dirumuskan dalam rancangan awal RPJMD.(Difa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.