Pemkab Serang Terbitkan Izin Pengelolaan B3 Proyek PLTPB Padarincang

  • Whatsapp
Ilustrasi Pengelolaan Limbah B3-01
Ilustrasi Pengelolaan Limbah B3-01

KABUPATEN SERANG, REDAKSI24.COM – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Serang, Banten berencana menerbitkan izin pengelolaan limbah bahan berbahaya dan beracun (B3).

Penerbitan izin tersebut dilakukan karena adanya permohonan dari PT Sintesa Banten Geothermal nomor: SGB/KTPB/04/IX/2019 tanggal 11 September 2019 perihal permohonan izin peberbitan surat telah terpenuhinya komitmen izin pengelolaan izin limbah B3 dan rapat pembahasan permohonan PT Sintesa Banten Geothermal yang digelar pada 2 Oktober 2019.

Bacaan Lainnya

sentot sumarlan DPMPTSP Kabupaten Serang
Kasi Pengawasan dan Pengendalian DPMPTSP Kabupaten Serang, Banten, Sentot Sumarlan .

Penerbitan izin pengelolaan limbah B3 tersebut dimaksudkan agar limbah dalam kegiatan ekplorasi nanti tidak dibuang di daerah Kabupaten Serang. PT Sintesa Banten Geothermal berjanji akan melibatkan pihak ketiga dalam pengelolaan limbah B3 tersebut.

“Untuk mengetahui kandungan deposit panas bumi itu ada olinya. Oli langsung dibawa ke Jakarta. Tidak dibuang di Kabupaten Serang,” kata Kasi Pengawasan dan Pengendalian DPMPTSP Kabupaten Serang, Sentot Sumarlan kepada wartawan usai Rapat Pembahasan Lanjutan Permohonan Penerbitan Surat Terpenuhinya Komitmen Izin Pengelolaan Izin Limbah B3 PT Sintesa Banten Geothermal di Ruang Rapat DPMPTSP Kabupaten Serang, Jalan Brigjen, K.H Syamun, Kota Serang, Rabu (22/1/2020).

Sentot mengakui, pihaknya akan menerbitkan izin pengelolaan limbah B3 tersebut. Sedangkan mengenai izin ekplorasi panas bumi menjadi kewenangan Provinsi Banten berdasarkan Undang-Undang 23 tahun 2013 pasal 14, pemerintahan di bidang kelautan kehutanan energi dan sumber daya mineral sepenuhnya merupakan kewenangan pusat dan provinsi.

Menurut Sentot, yang terlibat dalam proyek Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTPB) di Kecamatan Padarincang, Kabupaten Serang, bukan hanya Pemkab Serang, tetapi juga Pemprov Banten. Pasalnya, kata dia, izin amdalnya ada pada DLH Provinsi Banten.

“Dokumen amdalnya sudah mendapatkan persetujuan DLH Provinsi Banten, lebih lengkapnya silahkan tanya ke bidangnya,” jelasnya.

BACA JUGA:

. Soal Proyek Listrik Panas Bumi, Bupati Serang Ngaku tak Berdaya

. Proyek Listrik Panas Bumi di Padarincang Serang Jalan Terus

. Bupati Serang Diminta Gunakan Hak Otda untuk Tolak Proyek Geothermal

Ditanya soal aksi penolakan warga Padarincang terhadap proyek PLTB, Sentot Sumarlan menganggap sebagai dinamika masyarakat. Dia menilai proyek PLTB Padarincang aman bagi warga setempat.

Saat ini proyek PLTB Padarincang memasuki tahapan ekplorasi dan izin ekplorasi sampai dengan April 2020. Setelah tahapan ekplorasi, kemudian akan dianjutkan kepada tahap ekploitasi atau operasi produksi. “Izin pengelolaan limbah B3 sudah bisa, karena secara administrasi sudah lengkap. Tinggal nanti lihat prakteknya,” tandas Sentot Sumarlan.(Adi/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.