Pemkab Lebak Siapkan Sanksi Bagi Pelanggar Protokol Covid-19

  • Whatsapp
Peta Sebaran covid-19 lebak
Setelah sempat menjadi zona hijau, kini Kabupaten Lebak masuk zona orange Covid-19 di Provinsi Banten.

LEBAK,  REDAKSI24.COM –  Pemerintah  Kabupaten (Pemkab) Lebak tengah mewacanakan pemberlakukan  sanksi bagi warga yang tidak mematuhi protokol  kesehatan. Kebijakan itu diambil menyusul terjadinya  lonjakan kasus positif  covid-19  dalam waktu satu pekan ini.

Koordinator Humas Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Lebak, Doddy Irawan mengatakan, regulasi tersebut saat ini tengah dalam pembahasan pihak-pihak terkait di Pemkab Lebak.

Bacaan Lainnya

“Kami sedang merumuskan pemberlakuan sanksi bagi yang tidak patuh protokol kesehatan,” ungkap Doddy yang juga Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Lebak ketika dihubungi  Redaksi24.com melalui telepon selulernya, Sabtu (13/6/2020).

Adapun tujuan diberlakukannya saksi tersebut, kata dia, untuk mengedukasi warga agar patuh terhadap protokol kesehatan guna mencegah penyebaran covid-19 di Kabupaten  Lebak. Pemberian sanksi, kata dia,  bukan untuk menghukum,  tapi lebih untuk mengedukasi publik agar patuh protokol kesehatan.

Doddy mengungkapkan, Kabupaten Lebak saat ini masuk  dalam zona orange penyebaran covid-19 dengan sebanyak 17 kasus terkonfirmasi positif covid-19, 1 kasus diantaranya dinyatakan sembuh.

Menurut dia, Pemkab Lebak terus berupaya menekan penyebaran Covid-19,  yakni dengan cara melakukan tracking terhadap kasus terkonfirmasi.  Pihaknya juga menyiapkan tempat karantina  bagi pasien positif  maupun orang tanpa gejala (OTG) yang telah melakukan kontak dengan pasien positif covid-19.

“Mungkin nanti ada kebijakan lainnya melalui Perbub (peraturan bupati) dalam pencegahan penyebaran Covid-19,” imbuhnya.

Ia mengatakan, pencegahan penyebaran covid-19 tidak bisa dilakukan pemerintah saja,  namun dibutuhkan kerjasama dengan semua elemen masyarakat sebagai pelaku sosial. Untuk itu,  pihaknya meminta masyarakat selalu mengikuti anjuran pemerintah dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan covid-19.

“Kami minta warga tetap menerapkan protokol kesehatan  dengan physical distancing, selalu memakai masker saat di luar rumah,” harapnya.(Yusuf/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.