Pemkab Lebak Kembali Janji DTH Korban Banjir Bandang Cair Bulan Ini

oleh -
Banjir bandang
Banjir bandang yang menerjang Lebak awal 2020 lalu (Ist).

KABUPATEN LEBAK, REDAKSI24.COM – Setelah tertunda beberapa bulan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak kembali berjanji untuk mencairkan  Dana Tunggu Hunian (DTH) bagi ratusan korban banjir bandang di Kabupaten Lebak  pada bulan September 2020 ini. 

Janji tersebut disampaikan oleh Plt Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lebak, Ajis Suhendi.

Katanya, pihaknya saat ini telah meminta pihak Bank BRI untuk melakukan pemindahan buku dana tersebut ke rekening masing-masing penerima bantuan yang berasal dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

“Hari ini sudah kita minta ke BRI untuk pemindahbukuan ke rekening penerima. Penyaluran akan dilakukan setelah proses ini selesai. InsyaAllah bulan ini sudah dapat disalurkan,” kata Ajis ketika dikonfirmasi Redaksi24.com melalui telepon selulernya, Senin (7/9/2020).

BACA JUGA: Anggaran DTH Korban Bencana Lebak Yang Digulirkan BNPB Sebesar Rp1,941 M Belum Tersalurkan

Katanya, terdapat 647 Kelompok Keluarga (KK) yang akan mendapatkan bantuan secara sekaligus senilai Rp3 juta per KK. “Dari 647 KK, 547 KK telah dibuatkan rekening dan siap untuk menerima DTH. Sisanya yakni 75 KK masih belum dibuatkan rekening karena kendala kelengkapan administrasi, InsyaAllah akan selesai bulan ini juga,” kata Ajis.

Mengenai bantuan Stimulan yang nantinya akan diberikan kepada warga terdampak banjir bandang sebagai biaya ganti rugi yang rumahnya rusak berat, kata Ajis, akan diberikan senilai Rp50 juta, rusak sedang Rp. 25 juta, dan rusak ringan Rp10 juta.

Saat ini, tambah Ajis, pihaknya tengah berkoordinasi dengan BNPB untuk melakukan verifikasi dan validasi ulang penerima bantuan.”Akan dilakukan verifikasi dan validasi ulang, karena dari BNPB nya meminta seperti itu, InsyaAllah akan dilakukan bulan ini juga,” tandasnya.

BACA JUGA: Korban Banjir Bandang Lebak Besyukur DTH Akan Segera Cair

Dirinya berharap bantuan yang disalurkan kepada warga terdampak bencana ini dapat membantu dan meringankan masyarakat yang tertimpa musibah pada awal tahun 2020 tersebut.

Sementara itu, Ketua Cabang HMI MPO Lebak, Aceng Hakiki berharap Pemerintah Pusat maupun daerah  segera melakukan percepatan penanganan bencana yang menimpa ratusan warga di Kabupaten Lebak.

“Kita harap pemerintah tidak melupakan nasib warga yang tertimpa musibah banjir bandang di Lebak. Mereka seharusnya mendapatkan bantuan yang dijanji-janjikan oleh pemerintah itu sejak beberapa bulan lalu,”,” pungkasnya.(Yusuf/Aan)