Pemkab Lebak Alokasikan Rp 5 Milliar Untuk Penangangan Covid-19

  • Whatsapp
Ilustrasi

LEBAK, REDAKSI24.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak mengalokasikan dana sebesar Rp. 5 Milliar untuk penanganan wabah Covid-19 atau Virus Corona.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Lebak Budi Santoso. Katanya, dana tersebut direncanakan akan bersumber pada Bantuan Keuangan (Bankeu) Pemerintah Provinsi Banten.

Bacaan Lainnya

” Alhamdulillah sudah kami alokasikan sebesar Rp.5 Milliar untuk penanganan Covid-19 yang bersumber dari Bankeu Pemprov Banten,” kata Budi ketika dihubungi melalui telepon seluler, pada Jum’at (27/3/2020).

Budi menjelaskan, pihaknya mengalokasikan anggaran tersebut untuk penanganan Covid-19 selama dua bulan kedepan yang digunakan untuk kepentingan pemenuhan kebutuhan Alat Pelindung Diri (APD) para tenaga medis, cairan Disinfektan, alat penyemprot, dan kebutuhan lainnya.

” Kita sudah oke dengan BPKAD Provinsi, dan Bappenda, untuk keperluan lebih detailnya ada di Dinas Kesehatan,” jelas Budi.

BACA JUGA:

Wabah Corona Semakin Meluas, Bupati Lebak Minta Dinkes cegah Penyebarannya

Dinkes Minta Puskesmas di Lebak Tingkatkan Kewaspadaan Virus Corona

Ia menuturkan, jika dalam jangka waktu dua penyebaran Covid-19 atau virus Corona semakin merebak di Kabupaten Lebak, dan dana tersebut dikira masih kurang, pihaknya akan mengalokasikan kembali anggaran untuk penanganan virus Corona tersebut dari Dana Alokasi Khusus (DAK) atau Biaya Tidak Terduga (BTT).

” Penggunaan anggaran untuk penanganan virus Corona ini telah di fleksibelkan oleh Kementerian Keuangan, jadi kita tidak perlu khawatir jika terjadi bencana dan membutuhkan anggaran wajib, maka dapat menggunakan berbagai alternatif lain, sesuai dengan yang telah diatur dalam Permendagri, Permenkeu, dan UU Kebencanaan,” tandasnya.(Yusuf/Aan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.