Pemkab Lebak Akan Tertibkan Posko Liar di Beberapa Lokasi Bencana

oleh -
Posko Liar di Lebak
Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya (kedua dari kiri) pimpin rapat koordinasi.

LEBAK, REDAKSI24.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak akan melakukan penertiban terhadap posko-posko liar yang disinyalir memanfaatkan kondisi bencana di daerah tersebut. Pasalnya, semenjak bencana itu terjadi, posko- posko semakin marak berdiri.

” Kami akan tertibkan posko-posko liar tersebut. Sekarang, TNI-Polri sedang menginventarisirnya,” kata Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya kepada Redaksi24.com, Kamis (16/1/2020).

Penertiban dilakukan lanjut dia, untuk memperlancar proses recovery, dan distribusi logistik kepada daerah terdampak bencana. ” Kami tertibkan supaya koordinasinya lebih mudah, dan pendistribusian logistiknya juga lebih lancar,” kata Bupati.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati juga menjamin stok logistik di posko-posko pengungsian warga, dan posko utama aman hingga satu Minggu kedepan.

BACA JUGA:

Pemkab Lebak Perpanjang Masa Darurat Tanggap Bencana Hingga 31 Januari 2020

Penanganan Bencana di Lebak Diharapkan Tidak Terbentur Oleh Administrasi

Sementara itu, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Lebak, Dartim mengatakan, posko liar merupakan posko yang tidak tercantum dalam data base Pemkab sebagai posko distributor logistik kepada warga terdampak bencana. Bahkan, kata Dartim, posko liar tersebut juga disinyalir telah digunakan oleh oknum-oknum tertentu untuk kepentingan pribadi.

” Jadi, kami sering mendapatkan laporan dari para relawan yang akan mendiskusikan bantuannya ke lokasi bencana, malah di begal atau dibelokkan oleh oknum-oknum tersebut untuk menurunkan bantuan di posko mereka,” kata Dartim.

Dikatakannya, saat ini pihaknya bersama dengan TNI-POLRI telah membentuk tim untuk menginvestigasi posko-posko liar. Dirinya juga mengimbau kepada para relawan yang hendak mendiskusikan bantuannya agar berkoordinasi terlebih dahulu ke BPBD Lebak agar penyaluran bantuan tepat sasaran.

” Dan bagi para relawan yang membuka posko silahkan lapor ke kami dengan mencantumkan data-datanya. Karena saat ini tim tengah menginventarisir posko-posko ilegal tersebut,” pungkasnya. (Yusuf/Aan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.