Pemkab Lebak Akan Bedah 1.329 RTLH Pada Tahun 2020 Ini

oleh -
Kasi Penyediaan Rumah Dinas Perkim dan Pertanahan Lebak, Ade Rustandi.

LEBAK, REDAKSI24.COM –
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Perkim) dan Pertanahan pada tahun 2020 nanti akan melakukan program bedah rumah tidak layak huni (RTLH) di wilayah tersebut.

” Setelah kita data, tercatat sebanyak 1.329 RTLH di Lebak. Insya Allah tahun 2020 nanti kita bedah,” kata Kasi Penyediaan Rumah Dinas Perkim dan Pertanahan Lebak, Ade Rustandi kepada Redaksi24.com, Jum’at (6/12/2019).

Ade mengatakan, terdapat dua sumber anggaran yang digulirkan untuk membedah ribuan rumah tersebut, yaitu 1.000 RTLH diambil dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) senilai Rp. 15 Milliar. Dan 329 RTLH dari Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp. 5,7 Milliar.

Dengan rincian, kata dia, masing-masing RTLH dari APBD akan digulirkan anggaran sebesar Rp.15 juta. Sedangkan, dari DAK masing-masing Rp.17,500 juta.

BACA JUGA:

Pemda Lebak Harus Adil Dalam Melaksanakan Program Bedah Rumah Warganya

Lebih lanjut ia menuturkan, penerima bantuan paling banyak terdapat di Kecamatan Sobang. Dari 5 desa yang ada di daerah tersebut, masing-masing ada 20 RTLH.

Ia mengaku pada tahun 2020, rencana beda RTLH di Lebak semakin meningkat dibandingkan tahun 2019 ini yang hanya tercatat 150 RTLH. Itu terjadi, karena bentuk dari keseriusan Pemkab Lebak dalam melakukan pemerataan pembangunan, dan juga peningkatan kesejahteraan masyarakat.

” Yang kita harapkan hanya peran aktif dari pemerintah Desa untuk melaporkan kondisi setiap RTLH di lingkungannya. Laporan tersebut akan kami masukan ke dalam database, dan selanjutnya kita verivikasi dan proses,” pungkasnya. (Yusuf/Aan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.