Pemkab Kenalkan Komoditi Pangan Unggulan Melalui Lebak Local 4F

oleh -
Komoditi unggulan Lebak.

LEBAK, REDAKSI24.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak menggelar Lebak Lokal Food, Fluits, and Folks Festival (4F) di Jalan Naatmaja, Kelurahan Rangkasbitung Barat, Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Banten, Minggu (22/12/2019).

Festival yang digagas oleh Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang) Kabupaten Lebak dibuka oleh Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya. Dalam sambutannya, Bupati mengatakan, festival tersebut bertujuan untuk memperkenalkan hasil pangan, dan komoditi buah lokal di Kabupaten Lebak kepada masyarakat luas.

” Pada festival ini kami kenalkan berhasil olahan pangan dan juga buah lokal yang menjadi keunggulan di Lebak,” kata Bupati.

Bupati mengatakan, Lebak merupakan suatu daerah yang kaya akan potensi alamnya, baik dari segi pariwisata, sumber pangan dan juga kearifan lokal termasuk buah lokalnya.

Kekayaan sumber pangan dan buah lokal tersebut seperti, jagung, ubi kayu, pisang, ganyong, talas, sukun gadung. Namun kata Bupati, kekayaan tersebut saat ini belum bisa terolah secara maksimal.

Hal tersebut terjadi lantaran, masyarakat sekitar hanya memanfaatkan komoditas tersebut untuk dikonsumsi sehari-hari. Namun, dirinya optimis akan mengubah persepsi masyarakat terhadap hal tersebut dan mengekspor berbagai komoditas yang menjadi keunggulan di Lebak itu.

” Kita rangkul masyarakat agar dapat mengolah dan membudidayakan komoditas tersebut menjadi suatu produk yang dapat bersaing dengan produk lainnya,” tegasnya.

BACA JUGA:

Distanbun Lebak lakukan Terobosan Untuk Dongkrak Beras Ciberang

..Antisipasi Rawan Pangan, Pemkab Lebak Gandeng UI

Sementara itu, Kepala Dinas Ketapang Kabupaten Lebak Rahmat Yuniar menuturkan, Lokal 4F tersebut merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh Dinas Ketapang Lebak untuk mendukung visi misi Bupati dan Wakil Bupati Lebak.

“Mudah-mudahan dengan adanya food festival dan kontes buah ini dapat mendukung visi misi ibu Bupati dan disetiap destinasi wisata pangan dan buah lokal menjadi unggulan kuliner dan buah tangan para wisatawan yang berkunjung ke Lebak,” tandasnya.

Selain kontes buah dalam acara Lebak Local 4F, juga diselenggarakan acara masak bareng Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya dengan Chef Topik asal Tangerang Selatan dengan bahan baku ubi jalar. (Yusuf/Aan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.