Pemkab Carikan Lahan Untuk Relokasi Warga Terdampak Bencana di Lebak

oleh -
Lahan Untuk Relokasi Warga Terdampak Bencana
Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya (kanan).

LEBAK, REDAKSI24.COM – Menteri Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendi berharap Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak agar segera menyediakan lahan kosong untuk relokasi warga terdampak banjir bandang dan tanah longsor di Kabupaten Lebak, Banten.

Hal tersebut disampaikan Menteri PMK pada rapat koordinasi penyiapan lahan relokasi korban longsor dan revegetasi lahan rawan longsor di Kabupaten Lebak dan Bogor di Kantor Kementerian PMK Jakarta, Selasa (21/1/2020).

” Perlu dilakukan relokasi masyarakat terdampak bencana yang berada di Kabupaten Lebak dan Bogor. Kedua daerah tersebut kami minta untuk segera menyiapkan lahan relokasi untuk ditindaklanjuti rehabilitasi dan rekonstruksi oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR),” kata Menteri PMK.

Ia menjelaskan, Pemerintah berencana akan melakukan revegetasi tanah rawan longsor dengan menanam pohon vetiver atau akar wangi pada lahan seluas 2.000 Ha di Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor.

” Lahan yang telah ditanami itu nanti akan menjadi lokasi percontohan wilayah lain dalam mencegah bencana longsor,” kata Menteri PMK

Ia juga menambahkan, dalam melakukan relokasi dan revegetasi perlu sinergitas dari Kementerian/Lembaga dengan Pemerintah Daerah sesuai peran dan fungsi masing-masing.

 

BACA JUGA:https://www.redaksi24.com/pemkab-lebak-verifikasi-rumah-yang-terdampat-banjir-bandang-dan-longsor/

.

Sementara itu, Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya mengatakan pihaknya tengah berupaya untuk mencari lahan yang layak untuk para korban terdampak banjir bandang dan tanah longsor.

Selain itu, ia juga berharap bagi warga yang mempunyai tempat tingal di sepanjang bantaran Sungai Ciujung, Ciberang, dan Cidurian, agar bersedia di relokasi jika lahannya sudah tersedia, hal ini untuk mengantisipasi adanya banjir susulan yang disebabkan oleh meluapnya air sungai tersebut.

” Kita akan upayakan warga yang berada di titik rawan bencana agar dapat di relokasi secepatnya,” pungkasnya. (Yusuf/Aan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.