Pemilu BPD di Pandeglang Pakai Sistem Demokrasi Terbuka

  • Whatsapp
pemilu bpd
Pemilihan BPD di Desa Banjarnegara, Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pandeglang, Banten menerapkan sistem demokrasi terbuka.

PANDEGLANG, REDAKSI24.COM – Pemilihan Badan Permusyawaratan Desa di sejumlah desa di Pandeglang, Banten, dilakukan melalui proses demokrasi terbuka. Seperti Desa Banjarnegara, Kecamatan Pulosari, Pandeglang, yang telah melangsungkan pemilu BPD dengan sistem domokrasi tersebut. Pemilu BPD di Desa Banjarnegara, diikuti sebanyak 12 calon anggota BPD dari beberapa dusun di desa tersebut.

Sekretaris Desa Banjarnegara, Kecamatan Pulosari, Sumardi mengatakan, pihaknya telah melangsungkan pemilihan anggota BPD. Pemilihan tersebut dilakukan secara demokrasi terbuka, untuk menghasilkan anggota BPD yang sesuai dengan keinginan masyarakat.

Bacaan Lainnya

“Kami ingin anggota BPD ini benar-benar pilihan masyarakat. Makanya dalam pemilihan ini dilakukan secara demokrasi dan terbuka,” ungkapnya, Kamis (31/101/2019).

BACA JUGA:

. BPD Laporkan Kades Klutuk Ke Inspektorat

. Pilkades di Pandeglang Terapkan Sistem Pemilihan PAW

. Desember, 17 Desa di Pandeglang Gelar Pilkades Serentak

Menurutnya, dalam pemilu BPD di desanya itu dibagi lima wilayah pemilihan, dalam satu wilayah meliputi beberapa kampung, seperti dari wilayah pemilihan I terdiri dari 2 kampung (Taliptip dan Kabarosan) meliputi 3 RT.

Wilayah pemilihan II terdiri dari 1 kampung (Bojong Pinang) meliputi 2 RT, wilayah pemilihan III terdiri dari satu kampung (Kadumeong) meliputi 2 RT, wilayah pemilihan IV terdiri dari 4 kampung (Pasirpari, Nangkakoser, Cikarang dan Halimun) meliputi 4 RT, dan wilayah pemilihan V terdiri dr Dua kampung (Kaduranggon dan Porangeun) meliputi 3 RT.

“Adapun calon dari wilayah I, yaitu ada Dua calon yakni, Santana dan Ajat Sudrajat. Dari wilayah II ada 4 Calon yakni, Dian Jhoni Herdiana, Ade Yepi Sadli, Yayat Hidayat, Rifai. Wilayah III ada 2 calon, Jumhari dan Rapik Hanapi. Wilayah IV ada 2 Calon, yakni Asep Rapiudin dan Ace, dan dari wilayah V ada 2 Calon, yaitu Eni Widayatun dan Arkan,” ujarnya

Setelah dilakukan pemilihan, lanjut Sumardi, menghasilkan sebanyak 5 calon anggota BPD calon terpilih dari masing-masing dapil. Diantaranya dari dapil I Ajat sudrajat, dapil II Ade Yepi Sadli, dapil III Rapik Hanapi, dapil IV Asep Rapiudin dan dapil V Arkan.

“Mudah-mudahan para anggota BPD yang terpilih mampu menjalankan tugasnya dengan baik. Dan bagi calon anggota BPD yang tidak terpilih diharapkan legowo, dan bisa bersama-sama membangun desa,” harapnya. (Samsul Fathoni/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.