Pemerintah Larang ASN Bepergian Libur Panjang Pekan Ini

oleh -
pemerintah melalui menpan rb menerbitkan surat edarana melarang asn bepergian libur panjang pekan ini
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Tjahjo Kumolo.

JAKARTA, REDAKSI24.COMMenteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Tjahjo Kumolo, melarang aparatur sipil negara (ASN) bepergian ke luar daerah selama libur panjang pekan ini.

Larangan bepergian bagi ASN itu saat libur Isra Miraj Muhammad SAW dan Hari Suci Nyepi 2021 terhitung 10 Maret hingga 14 Maret 2021.

Terkait itu Menpan RB telah mengeluarkan Surat Edaran Nomor 06/2021 tentang Pembatasan Kegiatan Bepergian ke Luar Daerah bagi ASN selama Hari Isra Miraj Nabi Muhammad SAW dan Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1943 dalam Masa Pandemi Covid-19, yang ditandatangani Tjahjo Kumolo, Senin (8/3/2021).

Surat Edaran tersebut menyatakan pegawai ASN dan keluarganya dilarang melakukan kegiatan bepergian ke luar daerah dan/atau mudik sejak 10 Maret sampai 14 Maret 2021.

Surat Edaran itu juga berpedoman pada Keputusan Presiden Nomor 11/2020 dan Keppres Nomor 12/2020.

Perjalanan ke luar daerah hanya boleh dilakukan ASN jika sedang menjalankan tugas kedinasan dengan surat tugas dari pejabat pimpinan tinggi pratama atau kepala kantor satuan kerja.

Selain itu, ASN yang dalam keadaan terpaksa juga boleh ke luar kota selama memiliki izin tertulis dari pejabat pembina kepegawaian di instansinya.

ASN yang melanggar ketentuan dalam SE itu akan mendapat sanksi disiplin sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 53/2010 tentang Disiplin PNS dan PP Nomor 49/2018 tentang Manajemen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja.

Sementara itu, Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Doni Monardo mengajak semua pihak menyukseskan dan mematuhi larangan berpergian untuk liburan panjang pekan ini.

“Kami berharap para pimpinan instansi terutama TNI, Polri dan juga Kementerian Dalam Negeri serta BUMN bisa betul-betul mengawasi anggota dan karyawan masing-masing,” kata Doni, di Jakarta, Senin (8/3/2021).

Pemerintah juga mengimbau pihak swasta untuk tidak melakukan perjalanan ke luar kota.

“Kalau ini semua bisa dipatuhi maka kita akan bisa menekan kasus harian dan juga kasus aktif, dan pada akhirnya kita bisa mengurangi angka kematian,” tandas Doni, yang juga menjabat sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). (Fransiska Ninditya/Ant/ejp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.