Pembentukan Perumdam Kota Serang Terancam Molor

  • Whatsapp
Perumdam kota serang
Kabag Hukum pemkot Serang, Subagyo.

KOTA SERANG, REDAKSI24.COM – Pembentukan Perusahaan Air Minum Daerah (Perumdam) yang diwacanakan kalangan DPRD Kota Serang, nampaknya belum akan terealisasi pada tahun ini. Rencana itu molor ke tahun 2021.

Kabag Hukum Pemkot Serang, Subagyo mengaku, pihaknya sudah melakukan komunikasi dengan Komisi III DPRD terkait rencana Perumdam itu. Namun dia menyebut, tahun dewan baru menyampaikan, sedangkan kepan dibentuknya, akan dibahas lebih lanjut.

Bacaan Lainnya

“Intinya disampaikan terlebih dahulu, ada pun nanti tahun ini atau pada APBD perubahan, akan dibahas lebih lanjut,” katanya kepada wartawan di Puspemkot Serang, Rabu (17/6/2020).

Lebih jauh Subagyo menyebut bisa pembentukan Peurmdam tahapannya dimulai tahun depan. Kemungkinan itu dengan melihat usulan tersebut belum masuk pada Program Pembentukan Perda (Propemperda).

Subagyo melanjutkan, selain Perumdam, di luar Propemperda juga mencakup Perda nomor 3 tahun 2009 tentang PDAB. Kemudian, Perda nomor 9 tahun 2019 tentang BUMD yang masuk dalam 9 holding company.

“Pada draf sekarang ini kami akan cabut holding company, nanti langsung menunjuk Perumdam. Jadi kajian di Ekbang (ekonomi pembangunan) nanti ada 4, yakni, Perumdam, BUMD Agro, Pasar, BPR,” jelasnya.

Saat inu, kata Subagyo, pihaknya baru membahas Perda BUMD. Sedangkan pembahasan Perda untuk Perumdam dilakukan terpisah karena untuk pendiriannya memiliki Perda sendiri.

“Drafnya belum final nanti harus ada pembahasan lanjutan, pansus dan lain-lain, juga koordinasi dengan kementerian terkait. Tapi sudah melalui kajian akademisi dari Untirta (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa),” sambung Subagyo menerangkan.

Sementara itu, Sekretaris DPRD Kota Serang, Mamun Chudori mengakui wacana pembentukan Perumdam baru dibahas di tingkat komisi. Masih panjang prosesnya,  salah satunya harus melewati tahapam pembentukan draf Raperdanya.

“Tahun 2020 DPRD dan Pemkot Serang sudah menyepakati tidak ada usulan Perumdam dalam Prpemperda,” ungkapnya.(Adi/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.