Pelabuhan Merak Tak Lagi Ketat, Penumpang Bebas Masuk Kapal

  • Whatsapp
pelabuhan merak
Seluruh dermaga Pelabuhan Merak sudah diaktifkan untuk melayani jasa penyeberangan.

CILEGON, REDAKSI24.COM – Setelah hampir tiga bulan dilakukan pengetatan lantaran wabah Covid-19, kini para pengguna jasa angkutan penyeberangan bisa bebas menyeberang ke Pulau Sumatera di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten.

PT Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry (Persero) kembali mengoperasikan seluruh dermaga yang ada di Pelabuhan Merak. Memasuki new normal covid-19, penjagaan di Pelabuhan Merak tidak lagi diperketat.

Bacaan Lainnya

“Sudah lama beroperasi kembali. Sejak era new normal,” kata Kepala Badan Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah VIII Provinsi Banten, Nurhadi kepada Redaksi24.com, Senin (29/6/2020).

BACA JUGA: KMP Mustika Kencana Penyok Dihantam KMP Wira Berlian di Pelabuhan Merak

Nurhadi mengatakan, secara resmi Pelabuhan Merak telah dibuka untuk umum dalam melayani jasa penyeberangan kapal menyusul kebijakan Pemerintahan Kota (Pemkot) Cilegon yang menerapkan new normal.

“Yang penting tetap menjalankan protokol kesehatan. Semuanya sudah los sekarang, tidak ada penjagaan dari kepolisian, penumpang bebas naik kapal,” ujarnya.

Ia juga mengaku, telah mengeluarkan surat kepada pihak operator kapal maupun pelabuhan guna menerapkan protokol kesehatan pada era new normal.  “Jadi petugas tinggal melakukan pengawasan,” jelasnya seraya menyebut calon penumpang kapal tidak lagi diminta surat keterangan bebas covid-19.

BACA JUGA: Banyak Pemudik Kendaraan Pribadi Lolos Naik Kapal di Pelabuhan Merak Cilegon

Menurutnya, jika calon penumpang itu memenuhi syarat protokol kesehatan, otomatis sudah bisa diperbolehkan menyeberang. “Yang penting pakai masker, tidak batuk, tidak pilek, tidak demam, jaga jarak, suhu tubuh diperiksa, sesuai protokol kesehatan di era new normal,” tandasnya. (Firasat/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.