Pejabat Tinggi Negara, DPR, DPD serta ASN Eselon I dan II Tidak Dapat THR

  • Whatsapp
Menteri Keuangan Sri Mulyani
Menteri Keuangan Sri Mulyani.

KABUPATEN TANGERANG,REDAKSI24.COM—Sebagai langkah efisiensi anggaran, pemerintah memastikan para pejabat negara tidak akan mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR) di tahun ini. Anggaran THR terseb akan direalokasikan untuk penanganan virus Corona atau Covid-19.
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, keputusan ini sudah dipertimbangkan secara matang. Mengingat, kebutuhan anggaran untuk penanganan virus Corona lebih mendesak.

Menurut Menkeu, THR untuk para pejabat ini merupakan salah satu pos yang paling memungkinkan untuk dihemat. Mengingat, dampak virus corona bagi para pejabat ini tidak terlalu dalam.

Bacaan Lainnya

“Sesuai dengan instruksi bapak Presiden bahwa THR untuk seluruh pejabat negara. Untuk Presiden, Wakil Presiden, Menteri, (anggota) DPR DPD, THR-nya tidak dibayarkan,” ujarnya dalam teleconfrence, Selasa (14/4/2020).

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini menjelaskan untuk pejabat negara yang tak akan mendapatkan THR tersebut meliputi Presiden, Wakil Presiden dan para jajaran Menteri serta kepala instansi. Selain itu, pemerintah juga tidak akan memberikan THR kepada para anggota DPR hingga DPD pada tahun ini.

Sri Mulyani menambahkan, selain para pejabat, sebagain Aparatur Sipil Negara (ASN) juga tidak akan menerima THR tahun ini. Mereka adalah ASN yang memiliki jabatan setingkat eselon I dan II.

“THR untuk seluruh pejabat negara dan eselon I dan II tidak dibayarkan. Tapi untuk seluruh pelaksana dan eselon III ke bawah, TNI Polri tetap dibayarkan THR nya,” kata Sri Mulyani
Menurut Sri Mulyani, THR akan disesuaikan dengan gaji pokok dan tunjangan, tidak termasuk tunjangan kinerja (tukin). Sementara bagi para pensiunan tetap mendapatkan THR sebagaimana tahun lalu.

“Seluruh pelaksana eselon III ke bawah mendapat THR dari gaji pokok dan tunjangan melekat, tidak dari tukinnya. Pensiunan juga tetap sesuai tahun lalu karena mereka kelompok yang mungkin tertekan juga,” pungkasnya.(Hdr)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.