Pawai Obor Malam Taptu di Kabupaten Tangerang Berlangsung Khidmat

oleh -
Malam Taptu di Kabupaten Tangerang melibatkan seluruh elemen masyarakat, termasuk TNI Polri.

REDAKSI24.COM – Dalam menyambut hari kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke 74 tahun, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang bersama jajaran Muspida menggelar tradisi pawai obor malam kemerdekaan sejauh tiga kilometer, Jumat (16/8/2019).

Pantauan di lokasi, acara pawai obor yang biasa disebut dengan ‘Malam Taptu’ tersebut, dimulai dari Pertigaan Tugu Tigaraksa di ruas Jalan Pemda Tigaraksa, Kelurahan Kadu Agung, dan berakhir di halaman kantor Kecamatan Tigaraksa.

Gelar pawai obor yang diikuti oleh seluruh instansi pemerintahan beserta TNI Polri tersebut, diawali dengan prosesi upacara Taptu yang dipimpin oleh Kapolresta Tangerang, Kombes Pol Sabilul Alif, sebagai inspektur upacara.

Turut hadir, Wakil Bupati Tangerang Mad Romli, Sekda Kabupaten Tangerang Moch Maesyal Rasyid, dan Komandan Kodim 0510/Tigaraksa Parada Warta Nusantara Tampubolon.

Puncak prosesi upacara ditutup dengan menyalakan obor secara simbolis oleh Kapolresta Tangerang, dilanjutkan dengan melepas seluruh kontingen yang terlibat dalam gelar pawai obor tersebut.

BACA JUGA:

. Asal Usul Ayam Wareng Jadi Ikon Kabupaten Tangerang Belum Jelas

. Anak-Anak Tigaraksa Berlomba Mewarnai Badak Banten

. Debus Rampak Bedug Banten Semarakkan Kemerdekaan di Tigaraksa

Wakil Bupati Tangerang Mad Romli mengatakan, kegiatan pawai obor atau biasa disebut dengan ‘Malam Taptu’ tersebut sudah rutin dilakukan Pemerintah Kabupaten Tangerang dalam menyambut HUT Republik Indonesia.

“Kami berharap generasi bangsa ini terus berjuang untuk mengisi kemerdekaan guna meningkatkan kesejahteraan rakyat Kabupaten Tangerang” ujarnya.

Senada, Kapolresta Tangerang Kombes Pol Sabilul Alif menuturkan, malam taptu atau gelar pawai obor merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan pemkab Tangerang dengan melibatkan seluruh instansi, baik dari Polri TNI dan semua elemen di pemerintahan Kabupaten Tangerang dan masyarakat.

Menurutnya, pawai obor juga bisa dijadikan sebagai ajang hiburan bagi masyarakat dalam memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke 74 tahun.  “Tentunya yang paling penting masyarakat menjadi bagian dari kemerdekaan,” tandasnya.(Ricky/Difa)