Pastikan Steril Covid-19 Petugas Lapas Rangkasbitung Lakukan Rapid Test

  • Whatsapp
Petugas Lapas Rangkasbitung lakukan rapid test.

LEBAK, REDAKSI24.COM – Sebanyak 45 Petugas dan 3 orang mitra lapas Rangkasbitung menjalani Diagnostic Test (Rapid test) yang digelar pihak Lapas di Ruang Poliklinik Lapas Kelas III Rangkasbitung, Banten, Kamis (28/5/2020).

Dilengkapi dengan Alat Pelindung Diri (APD) tenaga kesehatan mengambil sampel darah petugas yang di lakukan secara bergantian, antrian sesuai dengan Protokol Kesehatan.

Bacaan Lainnya

Kepala Lapas Kelas III Rangkasbitung, Budi Ruswanto mengatakan, rapid test dilakukan guna memastikan lingkungan Lapas Rangkasbitung steril dari penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19. Adapun hasil dari Rapid test tersebut seluruh petugas dan mitra di lingkungan Lapas Rangkasbitung dinyatakan non reaktif.

“Alhamdullilah semua non reaktif, tapi bukan berarti kita bebas dari Virus, akan tetapi kita tetap harus mempertahankan hasil dan keadaannya, jangan sampai ada satu orangpun yang masuk dalam kategori ODP, PDP atau positif Covid-19,” kata Kalapas kepada Redaksi24.com.

Dikatanya, dalam rapid test itu hanya dilakukan oleh petugas dan mitra, namun kedepan pihaknya juga akan melakukan rapid test kepada seluruh tahanan yang berada di lapas Rangkasbitung.

“Tahanan belum, hanya narapidana yang aktivitas membuang sampa setiap hari yaitu 2 orang. Tapi setelah alatnya ada, kita akan langsung Rapid test semua tahanan, ” kata Kalapas.

Pihaknya juga telah melakukan berbagai upaya pencegahan penyebaran covid-19 dengan cara penyemprotan disinfektan, dan membatasi interaksi tahanan dengan pihak luar guna memastikan tahanan tetap steril dari virus tersebut.

Sementara itu, Dokter Lapas Kelas III Rangkasbitung, dr. Nurcolida menyampaikan, kunci untuk memutus mata rantai penularan Covid-19 adalah sikap disiplin terhadap protokol kesehatan.

“Kita bisa melihat sama-sama, kalau kita bisa disiplin melaksanakan protokol kesehatan seperti menggunakan masker saat keluar, rajin cuci tangan atau menggunakan hand sanitizer, physcal distancing dan tetap di rumah jika tidak ada kepentingan mendesak, angka penularan Covid-19 semakin menurun, dan disini (Lapas) seluruh protokol telah diterapkan dan alhamdulillah pencegahan tersebut dinilai efektif, termasuk hari ini petugas kita RDT, hasilnya negatif semua, kami terus mensosialisasikan agar tetap mentaati protokol kesehatan baik di luar maupun dalam Lapas” pungkasnya. (Yusuf/Aan).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.