Pasien Positif Covid-19 di Kabupaten Serang Meningkat Drastis

  • Whatsapp
positif covid-19
Kasus pasien positif covid-19 di Kabupaten Serang melonjak.

SERANG, REDAKSI24.COM – Selang sehari, kasus pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Serang, Banten mengalami peningkatan secara drastis. Dari semula hanya dua orang, kini bertambah menjadi lima orang.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Serang, Agus Sukmayadi mengatakan, setelah hasil uji swab keluar, ada tiga warga Kabupaten Serang dinyatakan positif Covid-19, dua dari Kecamatan Anyer dan satu dari Kecamatan Kopo.

Bacaan Lainnya

“Dua pasien yang dari Anyer sudah dalam perawatan di RSUD Banten. Sementara yang dari Kopo masih dilakukan isolasi mandiri,” kata Agus, Kamis (7/5/2020).

Agus menambahkan, pasien asal Kopo mempunyai riwayat bepergian ke daerah zona merah covid-19, yakni Jakarta. Karena sehari-hari profesinya berjualan di Jakarta. Ketika dilakukan uji swab, hasilnya dinyatakan positif.

“Kami kemudian langsung melakukan tracking terhadap keluarga dan tetangga di sekitar rumahnya. Berdasarkan hasil rapid test, semuanya non reaktif,” katanya.

Adapun untuk dua pasien positif Covid-19 warga Anyer masing-masing berusia 38 dan 40 tahun, karyawan di PT IKPT, yang merupakan kontraktor proyek dari PT Chandra Asri Petrochemical. “Keduanya kini dirawat di RSUD Banten dan RS Siloam Karawaci, Tangerang,” ujarnya.

Sampai Rabu (6/5/2020), jumlah pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 hanya dua orang, yakni pasangan suami istri yang sudah usia lanjut asal Kecamatan Kibin. Pasien pertama sang suami sudah dinyatakan sembuh setelah melakukan perawatan di RSUD Banten sejak 29 Maret 2020.

Setelah dilakukan tindakan PCR, pada tanggal 7 April 2020 yang bersangkutan dinyatakan positif Covid-19. Sebelumnya, yang bersangkutan sempat mengikuti kegiatan keagamaan di Jakarta.

Setelah mendapat perawatan intensif selama 20 hari, yang bersangkutan dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang pada 27 April 2020, namun tetap harus melakukan isolasi mandiri selama 14 hari di rumah.

Sementara sang istri, dinyatakan positif karena berhubungan langsung dengan pasien pertama, meskipun tanpa gejala atau kategori Orang Tanpa Gejala (OTG).

Atas fakta tersebut, Bupati Serang Tatu Chasanah memberikan pesan positif untuk memberikan semangat kepada seluruh pasien Covid-19 yang sedang menjalani perawatan. Tatu berpesan, virus ini bisa menyerang siapapun tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Untuk melawannya, yang dibutuhkan hanya keyakinan dan optimisme yang tinggi untuk sembuh.

“Pasien positif Covid-19 pertama ini sudah membuktikannya. Meskipun usianya sudah lanjut, namun karena keyakinannya yang tinggi ia mampu melewatinya dan dinyatakan sembuh,” kata Tatu. (Luthfi/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.