Pasien PDP Yang Sembuh Terus Bertambah, Masyarakat Diminta Siap Tertular di Era New Normal

  • Whatsapp
Sejumlah PDP yang sembuh membawa surat keterangan sehat.

TANGERANG SELATAN, REDAKSI24.COM – Jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Covid-19 yang sembuh di Kota Tangerang Selatan (Tangsel)  terus bertambah. 

Dari jumlah total PDP yang menjalani perawatan sekira 126 orang, kini tersisa 30 orang. Sementara  87 orang  dinyatakan sembuh setelah menjalani perawatan dan masa karantina selama 14 hari di rumah lawan Covid-19 milik Kota Tangsel. Sedangkan  9 pasien lainnya dirujuk ke Rumah Sakit Umum Tangsel.

Bacaan Lainnya

Koordinator Rumah Lawan Covid-19 Tangsel Suhara Manullang mengatakan, ada tujuh orang yang dinyatakan negatif dari Covid-19 dan sudah dipulangkan, Minggu (21/6/2020). Diantara mereka ada pelajar SMP dan apoteker Puskesmas. Sebelumnya, pada 15 Juni 2020 ada 11 orang yang dipulangkan, ada anggota Polisi dan petugas keamanan.

Suhara menerangkan, selain diberikan perawatan medis ringan di Rumah Lawan Covid-19, para pasien juga diberikan bimbingan psikolog untuk penguatan mental. “Para pasien didampingi untuk menumbuhkan motivasi sembuh dan semakin percaya diri. Suasana tempat karantina juga kita buat seperti di rumah sendiri. Sehingga mereka nyaman dan dapat meningkatkan antibodi melawan virus,” katanya saat dihubungi, Senin (22/6/2020).

Selain itu ia menjelaskan, dalam menghadapi era new normal setelah pandemi Covid-19 ini, tidak cukup hanya cuci tangan, jaga jarak dan pakai masker, tetapi juga harus siap tertular atau terinfeksi.

“Kita terutama saya pun harus siap tertular. Karena meski sudah memproteksi diri sebaik mungkin, tapi kita tidak tahu bagaimana, kapan, dimana dan oleh siapa kita tertular. Jadi harus siap tertular,” ungkap Suhara.

“Siap tertular yang dimaksud, kita harus bersiap dengan menjaga imun tubuh, makan-makanan yang sehat, rajin berolahraga dan konsisten menerapkan pola hidup bersih dan sehat,” tambah Suhara.

Persiapan yang juga harus dilakukan adalah, kesadaran masyarakat untuk dapat menerima dan tidak memandang negatif terhadap mereka yang tertular dan sembuh.

“Dampak sosial ini sangat luar biasa. Siapa pun yang mendapatkan hasil tesnya reaktif tentu akan mengalami guncangan dalam diri dan juga sosialnya. Maka itu, peran masyarakat terutama tetangga harus ikut mendukung dan memberikan citra positif bagi para penyintas Covid-19,” tutupnya.

Sementara itu, berdasrkan data dari laman resmi lawancovid19.tangerangselatankota.go.id upadate 21 Juni 2020 tercatat jumlah PDP mencapai 786 setelah adanya penambahan 18 orang, dengan 504 orang sembuh, 192 orang dirawat dan 90 orang meninggal.

Sedangkan jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) mencapai 2.196 setelah alami penambahan 7 orang, dengan 1938 orang selesai dipantau dan 258 orang masih dipantau. Untuk kasus positif, mencapai 369 kasus dengan 182 orang sembuh, 154 orang dirawat dan 33 orang meninggal. (wvyh)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.