Pasca Lebaran, Harga Bawang Merah di Kota Cilegon Melonjak

  • Whatsapp
bawang merah
Penjual sayur mayur di Pasar Kranggot, Kota Cilegon mengeluhkan sepinya pembeli lantaran harga bawang merah melonjak.

CILEGON, REDAKSI24.COM – Meskipun Hari Raya Idul Fitri 1441 H atau Lebaran tahun 2020 sudah berlalu, namun tidak sedikit kebutuhan pokok atau sembako yang harganya masih melambung, salah satunya bawang merah.

“Paling bawang merah, cuma bawang merah yang masih lumayan harganya, padahal lebaran udah lewat seminggu,” kata Leni (63), pedagang bawang merah di Pasar Kranggot, Kota Cilegon, Selasa (2/6/2020).

Bacaan Lainnya

Menurutnya, sampai hari ini bawang merah per kilogram dijual seharga Rp60 ribu. Padahal, kata dia, lebaran sudah berlalu sepekan yang lalu. “Tadinya cuma Rp43 ribu per kilogram, sudah 2 Minggu terakhir ini naik menjadi Rp 60rb per kilogram,” terangnya.

Selain itu, Hairul (54), yang juga seorang pedagang bawang merah di Pasar Kranggot membenarkan masih mahalnya harga komoditas bumbu dapur tersebut.

“Hari-hari biasanya Rp40 ribu per kilogram, sebelum lebaran Rp 43 ribu perkilogram, nggak turun-turun sampai sekarang naik lagi jadi Rp49 ribu per kilogram, itu dari distributor di Brebes,” ujar Hairul kepada Redaksi24.com, Selasa (2/6/2020).

Menurutnya, kenaikan harga bawang tersebut disebabkan dampak Covid-19. Pasalnya, sebelum Covid-19 mewabah, per harinya dia bisa menghabiskan 30 kilogram, namun setelah Covid-19 mewabah,  15 kilogram pun tidak habis.

“Biar mahal tetap ada aja yang nyari. Kalau sebelum corona banyak orang hajatan, jadi belinya bisa 20 kilogram sekaligus, sekarang kan gak boleh hajatan, jadi sepi,” ujarnya.

Menurutnya, di bulan Syawal atau pasca lebaran biasanya banyak masyarakat yang melakukan hajat pernikahan. Namun karena masa Pandemi Covid-19, semuanya berubah dan berdampak pada penjualan bawang merah di pasaran.

“Mudah-mudahan corona cepat berlalu, jadi harga bisa kembali normal,” harapnya. Sementara itu, hingga berita ini dinaikkan, belum ada penjelasan resmi dari UPTD Pasar Kranggot, Kota Cilegon, terkait harga bawang merah di pasar tersebut.(Firasat/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.