Pasca Dilanda Tsunami 2018, Muara Cipunten Agung Pandeglang Mulai Dinormalisasi

  • Whatsapp
muara cipunten
Muara Cipunten Kecamatan Labuan, Pandeglang terus mendangkal pasca dilanda tsunami 2018 lalu.

PANDEGLANG, REDAKSI24.COM – Balai Wilayah Sungai Cidanau Ciujung Cidurian (BWSC3) Banten, dikabarkan akan memulai proyek normalisasi Muara Ciputen Agung, Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang pasca dilanda tsunami Selat Sunda 2018 lalu. Perbaikan muara tersebut diperkirakan menelan anggaran lebih dari Rp9 miliar.

Kepala Desa (Kades) Teluk, Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang, Endin Fahrudin mengakui, Muara Cipunten Agung saat ini mulai dilakukan normalisasi. Sebab, kata dia, pasca tsunami dua tahun lalu, muara tersebut terus mendangkal.

Bacaan Lainnya

“Hari ini informasi pihak pelaksana baru akan menurunkan alat berat ke lokasi. Mudah-mudahan pelaksanaan normalisasi tidak lama lagi dikerjakan,” ungkapnya, Jumat (23/10/2020).

Dikatakannya, normalisasi muara tersebut merupakan hasil dari permohonan warga setempat. Sebab sejak dilanda tsunami pada tahun 2018 lalu, Muara Cipunten mendangkal akibat banyak perahu nelayan yang tenggelam, ditambah dengan puing bangunan rumah warga yang roboh diterjang tsunami.

“Bukam hanya itu, memang sudah 30 tahun lebih, muara belum pernah dinormalisasi. Sehingga para nelayan kesulitan menyandarkan kapalnya di muara itu,” katanya.

BACA JUGA: Giat Satgas Penanggulangan Covid-19 Pandeglang Mulai Kendor

Saat ditanya perusahaan apa yang menjadi pelaksana kegiatan normalisasi Muara Cipunten Agusng, Endin mengaku belum mengetahuinya. Namun dia mengaku mendapat informasi anggaran normalisasi muara mencapai Rp9 miliar.

“Sekarang baru mau dibuat jalan agar alat berat bisa masuk menuju muara. Kami harap kegiatan bisa dilaksanakan dengan baik, dan hasilnya maksimal,” harapnya.

Terpisah, Camat Labuan, Ace Jarnuji mengaku sesuai informasi yang didapatnya benar kalau muara Cipunten Agung itu akan dilakukan normalisasi. Namun sejauh inui, pihaknya belum mendapatkan informasi secara resmi, baik dari pihak pelaksanan maupun pihak terkait lainnya.

“Kabarnya sih begitu akan ada kegiatan normalisasi Muara Cipunten Agung. Tapi saya juga belum lihat ke lokasi apakah sudah mulai dilaksanakan atau belum,” tandasnya. (Samsul Fathoni/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.