Parkir Kendaraan di Atas Trotoar Kota Tangerang Diduga karena Faktor Pembiaran

oleh -
Parkir kendaraan roda dua diatas trotoar Jalan Perintis Kemerdekaan Raya, Kota Tangerang nampak semrawut dan ganggu para pejalan kaki, Senin (15/11/2021).

KOTA TANGERANG, REDAKSI24.COM- Parkir kendaraan baik roda dua maupun roda empat di trotoar yang tersebar di Kota Tangerang, semakin menjadi. Akibatnya, para pejalan kaki yang melintas di trotoar tersebut harus mengalah dan turun ke badan jalan karena hak mereka diserobot oleh juru parkir yang sengaja menjadikan trotoar sebagai lahan parkir.

Seperti yang terjadi di Jalan Perintis Kemerdekaan Raya atau sekitar kantor BPJS Kesehatan. Sepanjang hari di trotoar tersebut dijadikan lahan parkir, karena di badan jalan yang akan masuk ke wilayah Perkantoran dan Pendidikan Cikokol sudah dipenuhi dengan kendaraan lain yang diparkir.

Situasinya-pun tampak semrawut karena area parkir menjulur hingga ke perbatasan Jalan Perintis Kemerdekaan Raya. “kondisi ini sudah lama terjadi, jangankan di trotoar, di badan jalan depan kantor BPJS dan Dinas Tenaga kerja pun harusnya bukan  lahan parkir untuk umum,” kata Hendrik, pejalan kaki yang kerap melintas di jalan tersebut, Senin (15/11/2021).

Karena, kata dia, lahan parkir sudah di siapkan di dalam area Perkantoran dan Pendidikan Cikokol serta mal Tangerang City. “Sepertinya ini memang pembiaran, karena parkir di trotoar dan badan jalan itu kasat mata. Petugas dari Dinas Perhubungan Kota Tangerang-pun kerap mondar-mandir di wilayah tersebut,” kata dia.

BACA JUGA: Maraknya Parkir Liar Akibatkan Beberapa Ruas Jalan di Kota Tangerang Semrawut

Situasi yang sama juga terjadi di trotoar-trotoar lainnya, seperti di trotoar Jalan Jendral Sudirman, Jalan Gatot Soebroto, Jalan Merdeka dan Jalan Otista, sehingga meresahkan masyarakat. Bahkan baru-baru ini seorang ibu sempat mem-video-kan kondisi tersebut hingga viral.

Di dalam video itu menunjukkan pejalan kaki kesulitan berjalan di trotoar Jalan Jenderal Sudirman, Kota Tangerang, Karena menjadi lahan parkir. Suara perempuan dalam video itu mengeluhkan mobil-mobil yang parkir menutupi trotoar. Sehingga ia kesulitan untuk melintas.

BACA JUGA: Kerap Timbulkan Kemacetan,Warga Keluhkan Angkot Yang Parkir Liar di Bahu Jalan

Dikonfirmasi masalah tersebut, Kepala Dinas Perhubungan Kota Tangerang, Wahyudi Iskandar membantah bila parkir di trotoar itu karena faktor pembiaran. “Hampir setiap hari kami melakukan razia. Bahkan di dalam razia tersebut, kami berikan tindakan berupa pencopotan pentil atau penggembosan terhadap ban kendaraan yang parkir bukan pada tempatnya,” kata dia.

Namun kondisi itu, lanjut dia,  terus saja terjadi, karena tidak adanya kesadaran dari masyarakat maupun juru parkir tersebut. “Kami seringkali mengingatkan atau menghimbau kepada mereka agar tidak parkir di trotoar atau sembarang tempat,” paparnya.

Ditanya apakah  juru parkir di Kota Tangerang itu sudah diberikan pembinaan, wahyudi menjelaskan sudah. Hanya saja mereka masih saja tetap memanfaatkan lahan yang ada karena jumlah kendaraan yang diparkir meluber. “Saya sudah sarankan, supaya mereka tidak lagi memanfaatkan trotoar untuk parkir,” katanya.

Berdasarkan pantauan di lapangan hingga Senin (15/11/2021) petang, kendaraan yang parkir diatas trotoar masih saja terjadi di Kota Tangerang. Sehingga mengganggu para pejalan kaki. (Candra/Aan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.