Para Tenaga Medis di Lebak Berharap Insentif Dari Pemerintah Segera Cair

  • Whatsapp
Ilustrasi.

LEBAK, REDAKSI24.COM – Tim medis di Lebak berharap agar insentif yang dijanjikan oleh pemerintah Pusat kepada para tenaga kesehatan segera dicairkan, Hal itu dikatakan oleh Kepala Puskesmas Cihara, Kecamatan Cihara, Kabupaten Lebak.

” Kami berharap kepada pemerintah agar segera mencairkan insentif tersebut,” kata dia, Senin (6/7/2020). 

Bacaan Lainnya

Pasalnya, kata dia, di Puskesmas Cihara terdapat 6 Nakes yang mengajukan insentif. Namun hingga kini belum cair. Para Nakes itu bertugas melakukan screening, tracking pasien positif covid-19 dan merujuk pasien ke RSUD Banten.

BACA JUGA: Pemprov Banten Pastikan Tak Ada Pemotongan Insentif Tenaga Medis Covid-19

Sementara itu, Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Lebak mengatakan, pihaknya saat ini sedang melakukan tahapan verifikasi Nakes di Kabupaten Lebak yang diajukan untuk mendapatkan insentif tersebut.  Ia mengaku, belum dapat merinci jumlah tenaga medis yang diusulkan mendapatkan insentif tersebut.

“Dari 42 Puskesmas di Kabupaten Lebak belum saya prediksi berapa jumlah kebutuhan anggarannya. Karena masih diusulkan, dan masih ada 3 Puskesmas yang belum mengusulkan ,” ujarnya.

Katanya, terdapat kendala dalam proses pencairan insentif bagi para nakes tersebut yakni dengan adanya perubahan pada Peraturan Menteri Keuangan (PMK). Dalam PMK tersebut disebutkan insentif bagi Nakes dikirimkan secara langsung ke rekening nakes melalui Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD). Dirinya berharap insentif bagi para nakes tersebut dapat segera turun.

“Pada PMK sebelumnya disebutkan bahwa insentif langsung dikirimkan rekening masing-masing tanpa melalui BPKAD, namun pada PMK terbaru harus melalui BPKAD. Untuk itu kami mengusulkan kembali, dan melakukan verifikasi. Karena ini tidak hanya sekedar, namun harus sesuai dengan ketentuan cara mendapatkan insentif bagi tenaga kesehatan di tingkat Puskesmas, rumah sakit, ataupun Dinkes,” ujarnya.

BACA JUGA: Pemprov Banten Janjikan Insentif Tenaga Kesehatan Cair Pekan Ini

Terpisah, Kepala Bidang Anggaran BPKAD Lebak Agung Budi Santoso mengatakan, dana insentif bagi Nakes itu sendiri direncanakan akan berasal dari Bantuan Operasional Kesehatan  (BOK), yang merupakan salah satu menu dalam Dana Alokasi Khusus (DAK) yang bersumber pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Nasional (APBN).

“Saat ini sedang diverifikasi oleh Kemenkes, jika lolos maka akan Insentif akan berasal dari DAK tersebut. Namun jika kita tidak mendapatkan dari DAK tersebut, baru kita anggarkan melalui APBD,” pungkasnya.(Yusuf/Aan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.