Pangdam Siliwangi Luncurkan Kapal Merah Putih Babinsa di Pandeglang

  • Whatsapp
Pangdam Siliwangi, Babinsa, Kapal Merah Putih, Carita, Pandeglang
Pangdam III Siliwangi Mayor Jenderal TNI Nugroho Budi Wiryanto mengecek kapal babinsa merah putih di Kecamatan Carita, Pandeglang, Jumat (6/11/2020).

PANDEGLANG, REDAKSI24.COM – Pangdam III Siliwangi, Mayor Jenderal TNI Nugroho Budi Wiryanto, meluncurkan Kapal Babinsa Merah Putih yang terbuat dari bahan kontruksi semen di Kampung Pagedongan, Desa Sukajadi, Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang, Jum’at (06/11/2020).

Dandim 0601 Pandeglang, Letkol Kav. Dedi Setiadi mengatakan, Kapal ferrocement adalah kapal dengan konstruksi beton, yang terbuat dari campuran semen, air, pasir dan pembesian jala (kawat anyam atau kawat jala).

Bacaan Lainnya

“Pelatihan pembuatan kapal ferrocement telah berhasil menyelesaikan 1 unit kapal yang diberi nama Kapal Babinsa Merah Putih. Namun satu unit lagi masih dalam proses pembuatan,” ungkapnya.

Diakuinya, wilayah Korem 064 Maulana Yusuf memiliki garis pantai yang cukup luas. Selain itu, kata dia, warga yang tinggal di pesisir pantai mayoritas bermata pencaharian sebagai nelayan.

Namun, masih banyak para nelayan yang tidak memiliki kapal tangkap, karena mahalnya biaya produksi pembuatan kapal, baik yang terbuat dari bahan dasar kayu maupun fiber. Atas dasar itu, Danrem 064 Maulana Yusuf memerintahkan jajarannya untuk melaksanakan pelatihan pembuatan kapal ferosement.

Pangdam III Siliwangi, Mayor Jenderal TNI Nugroho Budi Wiryanto mengapresiasi sekaligus merasa bangga kepada para jajaran Korem 064 Maulana Yusuf, yang telah berhasil menyelesaikan pembuatan satu unit kapal ferosement hanya dalam kurun waktu selama 21 hari.

“Keberhasilan para Babinsa membuat kapal ferosemen yang diberi nama kapal Babinsa Merah Putih dengan panjang 10 meter dan lebar 3 meter. Diharapkan kapal ini dapat menjadi percontohan serta membantu para nelayan di Banten, khusunya Pandeglang,” ujarnya.

Diharapkannya lagi, kegiatan seperti ini dapat ditindaklanjuti oleh seluruh instansi terkait dan para pelaku usaha lainnya, sehingga pembuatan kapal ferrocement kedepannya semakin baik dan dapat diproduksi secara massal.

“Pembuatan kapal ferrocement Babinsa merah putih untuk membantu dan meningkatkan kesejahteraan para nelayan. Karena itu harus berkelanjutan,” tandasnya.(Samsul Fathoni/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.