Pangdam Siliwangi Jamin Warga Baduy Masuk TNI-Polri

oleh -
Pangdam Siliwangi
Pangdam III/Siliwangi, Mayjen TNI Nugroho Budi Wuryanto.

LEBAK, REDAKSI24.COM – Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wuryanto menjamin keikutsertaan warga suku adat Baduy didalam barisan tempur Tentara Nasional Indonesia (TNI).

” Warga Baduy merupakan warga NKRI yang bisa mendaftar TNI-Polri. Jika ada yang mendaftar maka, dengan senang hati akan kami terima,” kata Pangdam III/Siliwangi saat mengunjungi daerah suku adat Baduy, Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Banten, Jum’at (17/1/2020).

Pangdam menuturkan, TNI terdiri dari berbagai suku adat yang berada di Indonesia. Bahkan kata Pangdam, TNI miliki prioritas khusus pada rekrutmen anggota untuk warga adat.

Lebih jauh ia menuturkan, para warga adat yang telah mendaftar dan dinyatakan lolos akan mendapatkan pelatihan, dan langsung di tempatkan di satuan khusus tempur. Hal tersebut dilakukan guna melatih kedisiplinan mereka.

Selanjutnya, para anggota yang berasal dari suku adat tersebut akan dikembalikan ke daerah suku adatnya masing-masing, untuk menjaga kondusifitas di daerah tersebut.

” Anggota yang telah lolos akan masuk satuan tempur, setelah beberapa tahun dan sudah mendapatkan pengalaman yang cukup, mereka akan dikembalikan ke daerah masing-masing untuk menjaga kondusifitas didaerahnya,” tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut juga, Pandam menawarkan bantuan jika suku adat baduy memiliki suatu kesulitan dalam hal apapun.

” Kita memiliki 8 wajib TNI untuk membantu kesulitan masyarakat. Jadi jika ada kesulitan ataupun permasalahan bisa menyampaikan lewan Babinsa, atupun Koramil setempat,” tandasnya.

BACA JUGA:

Mampu Melestarikan Aturan Adat, Ketua Pengadilan Tinggi Banten Kagumi Suku Baduy

Sementara itu, tokoh kasepuhan Baduy, Jaro Saija mengatakan, saat ini sudah terdapat 12 warga Baduy yang telah menjadi anggota TNI. Dirinya berharap, TNI dapat terus bersinegis dan menjaga kondusifitas di Baduy ini.

” Kami harap TNI maupun Polri dapat menjaga masyarakat kami yang berada di luar wilayah Baduy. Karena, warga Baduy sendiri sering pergi keluar untuk berkebun, ataupun menjual madu di luar wilayah adat,” pungkasnya.

Dalam kunjungan tersebut, Pandam III / Siliwangi juga memberikan Tali Asih berupa paket sembako kepada masyarakat Baduy untuk mempererat rasa persaudaraan antara masyarakat baduy dengan jajaran TNI. (Yusuf/Aan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.