Pangdam Jaya Apresiasi Vaksin Bagi Penderita Kanker di Kabupaten Tangerang

oleh -
Pangdam Jaya, Apresiasi, Vaksin Bagi Penderita Kanker, Kabupaten Tangerang,
Pangdam Jaya, Mayjen TNI Mulyo Aji mengatakan, antusiasme pasien komorbid untuk mendapatkan vaksin COVID-19 di Kabupaten Tangerang cukup besar dibanding pelaksanaan di lokasi lain, seperti yang rutin berlangsung di Rumah Sakit Kanker Dharmais, Jakarta.

KABUPATEN TANGERANG, REDAKSI24.COM – Pangdam Jaya Mayjen TNI Mulyo Aji mengapresiasi dengan banyaknya pasien komorbid atau penderita kanker di Kabupaten Tangerang, Banten, yang bersedia menerima vaksin COVID-19.

Pangdam Jaya Mayjen TNI Mulyo Aji mengatakan, secara keseluruhan ada 1.300 peserta yang mendaftar secara online. Dari jumlah itu, 700 peserta merupakan pasien komorbid dengan berbagai penyakit bawaan, seperti kanker.

“Ini sesuatu yang luar biasa, di Kabupaten Tangerang sebanyak 700 orang adalah pasien kanker yang berani datang ke sini untuk menerima vaksin,” ujar Mulyo Aji saat meninjau pelaksanaan vaksinasi bagi pasien penderita/penyintas kanker dan umum di The Springs Club Summarecon Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang, Minggu (8/8/2021).

Menurutnya, antusiasme kehadiran pasien komorbid kali ini memang cukup besar dibanding pelaksanaan di lokasi lain, seperti yang rutin berlangsung di Rumah Sakit Kanker Dharmais, Jakarta. “Tapi di Kabupaten Tangerang ini sangat luar biasa sekali,” imbuhnya.

BACA JUGA: Mobil Vaksin Keliling Jemput Warga Pelosok Pedesaan Kabupaten Tangerang

Sementara itu, Bupati Tangerang A Zaki Iskandar mengucapkan terima kasih atas kerja sama Kodam Jaya, Pemerintah Kabupaten Tangerang, Kodim 0510/Tigaraksa, Perhimpunan Ahli Bedah Onkologi Indonesia (Peraboi), Kementerian Kesehatan, Yayasan Kanker Indonesia, serta Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI).

“Saya ucapkan terimakasih telah memberikan vaksinasi kepada pasien pasien penyintas kanker, ini merupakan kolaborasi yang baik termasuk dengan dinas kesehatan dan rumah sakit Kabupaten Tangerang. Sekali lagi kami ucapkan terima kasih atas kerjasama yang baik ini semoga ke depan kerjasama ini bisa berlangsung terus,” ujar Zaki.

Zaki berharap program vaksinasi bagi penderita/penyintas kanker ataupun penyakit-penyakit lainnya bisa terus dilakukan di Kabupaten Tangerang.

Ketua Peraboi, Walta Gautama menambahkan, vaksinasi bagi komorbid khususnya pasien kanker sangat penting dilakukan. Sebab risiko kematian akibat terpapar COVID-19 meningkat hingga 6 kali lipat bagi pasien kanker.

“Bila pasien normal terkena COVID, angka kematiannya kira-kira 4 sampai 5 persen. Tapi, pada pasien kanker, data di luar negeri kurang lebih 26 persen,” ujarnya.(Difa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.