Pandemi Covid-19, Piala AFF U-16 dan U-19 di Indonesia Resmi Ditunda

  • Whatsapp
Garuda Muda saat menjuarai piala AFF U-16 pada 2018 lalu.
Tim Garuda Muda saat menjuarai piala AFF U-16 pada 2018 lalu/Ilustrasi.

REDAKSI24.COM— Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF) menunda beberapa kejuaraan termasuk Piala AFF U-16 dan U-19 yang sedianya digelar di Indonesia. Keputusan itu diambil atas merebaknya pandemi Covid-19 atau virus Corona diberbagai belahan dunia termasuk di Asia Tenggara.

Seperti dilansir laman resmi AFF, Kamis (26/3/2020), selain dua kejuaraan tersebut, pelaksanaan Piala AFF Putri U-18 di Indonesia juga bakal ditunda. Selain itu, satu kejuaraan lagi yang bakal ditunda adalah Piala AFF Putri di Vietnam.

Bacaan Lainnya

Seyogianya Piala AFF U-16 di Indonesia akan digelar pada Juli dan sebulan berikutnya Piala AFF U-19. Sementara itu, untuk Piala AFF Putri U-18 bakal berlangsung Juni.

“Ini adalah waktu yang belum pernah terjadi di seluruh dunia, termasuk keluarga dan komunitas sepak bola kami, tetapi kami akan melewatinya bersama,” kata Presiden AFF Mayor Jenderal Khiev Sameth dalam keterangan resminya.

BACA JUGA:

Shopee Liga I Terhenti, Persita Tetap Bayar Penuh Gaji Pemain dan Offisial

Menurut Sameth, kepetusan ini harus diambil karena pihaknya menyadari sepak bola mendatangkan massa yang dinilai bisa memicu penularan virus corona yang saat ini merebak, khususnya di kawasan Asia Tenggara.

“Risiko penularan penyakit pada kerumunan massa sangat tinggi. Makanya kami telah membuat keputusan untuk menunda dan jika dibutuhkan kami akan membatalkan kejuaraan ini demi melindungi keselamatan dan kesehatan semua pihak,” kata jenderal asal Kamboja ini.

Selain kejuaraan tersebut, masih banyak kejuaraan yang menjadi tanggung jawab AFF yaitu Piala AFF Putri U-15 di Indonesia pada September, Piala Futsal AFF, Piala Futsal AFF Antarklub, dan Sepak Bola Pantai Piala AFF di Thailand. Hanya saja pelaksanaannya tetap sesuai jadwal. Begitu juga dengan Piala AFF 2020, kejuaraan senior ini masih sesuai dengan jadwal yaitu November.

“Karena situasinya terus berkembang, kami akan terus mencermati dan tidak akan ragu untuk melakukan perubahan pada jadwal kami jika perlu. AFF akan selalu memprioritaskan kesejahteraan keluarga dan komunitas kami,” pungkas Sameth. (Hdr)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.