Pandeglang Diguncang Gempa 4,8 SR

oleh -
gempa pandeglang
BMKG melansir informasi gempa 4,8 SR di Pandeglang.

PANDEGLANG, REDAKSI24.COM – Gempa bumi dengan kekuatan magnitude 4,8  skala richter (SR) mengguncang sebagian daerah Pandeglang, Banten. Gempa terjadi pada koordinat 6.81 LS-105.32 BT, tepatnya berada di laut pada jarak 103 Km barat daya Pandeglang, dengan kedalaman 5 Kilometer,

Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Pandeglang, Usep Sugih mengatakan, gempa tersebut terjadi dua kali. Namun, kata dia, tidak berpotensi tsunami. “Yang pertama getarannya kecil hanya beberapa detik, yang kedua cukup besar dan sedikit lebih lama sampai satu menit. Tapi tidak berpotensi tsunami,” ungkapnya, Senin (10/2/2020).

Lanjut Usep, dari informasi yang berkembang, belum bisa dipastikan ada tidaknya gempa susulan. Namun pihaknya menghimbau, agar warga untuk tetap tenang dan harus memantau informasi yang diberikan langsung oleh BPBD.

“Hingga laporan ini dibuat pukul 13:03 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock). Namun masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti informasi dari BMKG,” katanya.

BACA JUGA:

Kades Bojen Wetan Pandeglang Diminta Segera Bentuk Pansel Prades

. Satpol PP Menes Copoti Poster Bacalon Bupati Pandeglang

. PAD Dinas Perikanan Pandeglang Sudah Capai 42 Persen

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Pandeglang, Surya Darmawan membenarkan, adanya informasi gempa bumi tersebut, dan dirasakan di beberapa kecamatan yang terdekat dengan pusat gempa, seperti di Kecamatan Sumur.

“Getarannya dirasakan di sejumlah tempat seperti Sumur, Cigeulis, Panimbang, Labuan dan lainnya. Adapun untuk dampak belum ada laporan dari desa maupun kecamatan, namun BPBD sudah menyiagakan personil jika ada yang perlu bantuan,” ujarnya.

Dikatakannya, meski gempa bumi tektonik dengan magnitudo 4,8 SR cukup besar, namun tidak berpotensi tsunami. “Gempa itu tidak berpotensi tsunami. Adapun dampak dari gempa bumi hingga saat ini belum ada laporan,” tandasnya. (Samsul Fathoni/Difa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.