Padepokan Kebangsaan Karang Tumaritis Aktualisasikan Ajaran Bung Karno pada Milenial Melalui Lomba Menulis

oleh -
inisiator padepokan kebangsaan karang tumaritis ananta wahana
Inisiator Padepokan Kebangsaan Karang Tumaritis juga Anggota Komisi VI DPR RI dari PDI Perjuangan Ananta Wahana, saat memberikan orasi kebangsaan dalam rangkaian Peringatan Bulan Bung Karno/ Foto: Dok-R24/ejp.

TANGERANG, REDAKSI24.COM–Padepokan Kebangsaan Karang Tumaritis menggelar lomba menulis dengan mengusung tema “Konsepsi dan Gagasan Bung Karno” dalam rangkaian memperingati Bulan Bung Karno yang jatuh pada Juni ini.

Padepokan yang diinisiasi politisi PDI Perjuangan Ananta Wahana itu melibatkan kalangan milenial, terdiri kelompok anak-anak, pelajar, dan mahasiswa sebagai peserta lomba menulis.

Inisiator padepokan, Ananta Wahana mengatakan, tujuan dari kegiatan bersifat edukatif itu adalah untuk pembumian pikiran dan gagasan Bung Karno sebagai pendiri bangsa sekaligus menggali dan mengaktualisasikan Pancasila dikalangan kaum milenial.

“Bung Karno adalah tokoh sejarah bangsa. Pikiran dan gagasan Bung Karno harus terus ditanamkan pada generasi penerus bangsa. Sehingga kaum milenial yang rentan disusupi paham-paham global dan paham radikal Anti-Pancasila itu, dapat mengenal dan mencintai tokoh bangsanya yaitu Bung Karno,” ungkap Ananta, di Padepokan Kebangsaan Karang Tumaritis, Kelapa dua, Tangerang, Banten, Rabu (16/6/2021).

Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto menandatangani prasasti Patung Bung Karno di Padepokan Kebangsaan Karang Tumaritis, Sabtu (10/4/2021)/Foto: Dok-R24.

Karena itu, imbuh Ananta, dalam rangkaian peringatan Bulan Bung Karno, padepokan besutannya itu sebagai “dapur” pembentukan kader-kader nasionalis pancasilais mendorong kaum milenial untuk menggali konsepsi dan gagasan Bung Karno untuk kemudian dituangkan dalam bentuk tulisan.

“Mereka (peserta lomba menulis) bisa memilih dari sisi ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan dan keamanan, dari gagasan dan pikiran ajaran Bung Karno, tokoh proklamator Putra Sang Fajar yang lahir 06 Juni 1901,” jelas Ananta, yang juga Anggota Komisi VI DPR RI.

Dia menyebut, bagi peserta yang berhasil sebagai juara, akan diberikan hadiah berupa piagam penghargaan, plakat, dan buku-buku karya Bung Karno serta penghargaan berupa uang pembinaan.

“Melalui lomba menulis ini juga, Kita lakukan penguatan pemahaman Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara kita pada generasi milenial, dengan cara membumikan ajaran Bung Karno, sebagai Bapak Bangsa, Proklamator, sekaligus penggali Pancasila yang menjadi dasar negara kita,” paparnya.

Ketua DPP PDI Perjuangan Djarot Saiful Hidayat saat memberikan materi pada diskusi kebangsaan dan kursus Pancasila, di Padepokan Kebangsaan Karang Tumaritis, Sabtu (29/5/2021).

Rangkaian kegiatan sejak Mei
Politisi Senayan asal Dapil Banten III Tangerang Raya itu melanjutkan, kegiatan rangkaian Bulan Bung Karno di Padepokan Kebangsaan Karang Tumaritis tersebut, diawali dengan menggelar doa bersama untuk keselamatan bangsa yang dirangkai dengan Kursus Pancasila, menghadirkan Djarot Saiful Hidayat sebagai narasumber pada 29 Mei lalu, dan pentas seni juga digelar untuk memeriahkan Bulan Bung Karno ini.

“Kita tampilkan semua potensi yang dimiliki padepokan. Baik seni, kebudayaan, dan kreativitas lainnya, termasuk kegiatan yang berkaitan dengan UMKM,” ucapnya.

Dapat diketahui, lomba menulis dalam rangkaian memperingati Bulan Bung Karno ini dimulai dari 15 Juni hingga 15 Juli 2021.

Peserta bolah dari kalangan masyarakat umum, seniman, pelajar, mahasiswa, termasuk Jurnalis.
Peserta wajib mengirimkan karya dengan tulisan sebanyak 4.000 sampai dengan 6.000 karakter ke alamat E-mail: [email protected]
(ejp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.