PA 212 Sebut Reuni Kembali Digelar di Monas Untuk Persatuan Umat

  • Whatsapp
Reuni 212 akan digelar di Monas - istimewa.

JAKARTA, REDAKSI24.COM–Persaudaraan Alumni (PA) 212 rencananya akan digelar kembali di Monumen Nasional (Monas), Jakarta pada 2 Desember 2020, nanti.

Juru bicara reuni 212 KH. Awiet Masyhuri mengatakan, acara reuni 212 murni diadakan sebagai wujud persatuan umat dalam kegiatan keagamaan tanpa ada unsur politik.

Bacaan Lainnya

“Jadi Perlu dipahami, 212 ini lahir atas persatuan umat Islam bahkan persatuan Indonesia, karena yang hadir itu bukan hanya umat Islam saja tapi juga di luar umat lainnya.212 ini dipertahankan untuk menjaga persatuan sesuai dengan sila ke-3 persatuan Indonesia,” ujar Awiet kepada redaksi24.com saat dihubungi melalui sambungan telepon, Rabu (27/11/2019).

Dia memastikan situasi acara akan bersih dari unsur politik walaupun awalnya PA 212 muncul akibat pertarungan politik dengan Gubernur Ahok. Apalagi, katanya, acara kali ini digelar bertepatan dengan momentum Maulid Nabi Muhammad SAW.

Awiet juga menyayangkan adanya isu-isu miring terhadap kegiatan yang rutin mereka adakan. Ia berharap acara tersebut seharusnya tidak ditanggapi secara negatif mengingat terbukti acara juga merangkul kalangan umat non muslim.

“Jadi, 212 ini kita pertahankan, yang kita ambil persatuannya, yang kita jaga momentum persatuan nya. jadi jangan dikait-kaitkan lagi dengan politik” tambahnya.

Ditanya berapa jumlah jamaah yang akan hadir, Awiet belum bisa memastikan. Namun ia merasa yakin jumlah yang akan hadir tak berbeda jauh seperti tahun-tahun sebelumnya yang mencapai jutaan orang.

Terkait perizinan tempat dan acara, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan pihak kepolisian.

Awiet menambahkan, acara reuni nanti akan dimulai dari dini hari saat salat malam berjamaah hingga sekitar pukul 09.00 WIB. Dia mengatakan acara tak digelar hingga siang seperti tahun sebelumnya karena kondisi cuaca.

“Kita mulai dari jam 02.30 WIB, Salat Tahajjud berjamaah, zikir, sampai dengan salat Shubuh berjamaah, terus nanti ada pembacaan Maulid dan seterusnya sampai selesai,” tutup Awiet.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Argo Yuwono mengatakan, pihaknya telah menerima surat pemberitahuan acara Reuni 212.

“Rencana ada reuni 212, memang Mabes Polri sudah menerima surat pemberitahuan,” kata Argo di Mabes Polri, Selasa (26/11/2019).

BACA JUGA:

Gusdurian Banten Serukan Toleransi Antar Umat Beragama

Seturut dengan yang dikatakan Argo, Kapolda Metro Jaya, Inspektur Jendral Polisi Gatot Eddy Pramono menilai, agenda tahunan yang dihelat oleh Persaudaraan Alumni 212 tersebut merupakan kegiatan keagamaan. Untuk itu, Gatot menyebut jika Reuni 212 sama seperti kegiatan keagamaan lainnya.

“(Reuni) 212 kegiatan keagamaan, jadi kegiatan yang biasa saja, tentu kalau ada kegiatan keagamaan nanti mereka memberitahukan kepada Polri. Ya kami akan melakukan kegiatan pengamanan. Jadi merupakan hal yang biasa saja menurut saya,” kata Gatot.

“Jadi tidak usah terlalu dibesar-besarkan sebagaimana kegiatan-kegiatan agama lainnya,” imbuhnya.(Alfin/Aan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.