Over Kapasitas di Lapas Kelas I Tangerang Penyebab Banyaknya Korban Tewas

oleh -
Puluhan korban tewas di kebakaran Lapas Kelas I Tangerang-(ist).

KOTA TANGERANG, REDAKSI24.COM- Banyaknya korban jiwa dalam insiden terbakarnya Lapas Tangerang di Jalan Veteran, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, Banten diduga karena Lapas tersebut over kapasitas. 

Kepala Bagian Humas dan Protokol Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, Rika Aprianti mengatakan, blok narapidana yang terbakar berada di blok C2 dan sudah over kapasitas.

“Kalau kondisi lapas memang sudah over kapasitas. Dari yang seharusnya hanya 40 orang, diisi 120-an orang,” kata Rika di Lapas Tangerang, Rabu (8/9) 2021.

Untuk Lapas Klas 1 Tangerang, ada 19 sel tahanan. Setiap sel idealnya diisi 40 tahanan. Namun saat ini diisi oleh 120-an tahanan.

BACA JUGA: Kebakaran di Lapas Kelas I Tangerang Akibatkan 41 Narapidana Tewas Terpanggang

Sementara secara keseluruhan kapasitas ideal Lapas hanya 900 tahanan saja, namun saat ini total ada 2.069 orang. “Tentunya over capacity ini bukan alasan, tapi tantangan yang harus kami hadapi. SOP tetap kami jalani, tetap berjalan, apalagi penanganan kebakaran seperti ini,” jelasnya.

Seperti diketahui insiden kebakaran itu terjadi sekitar pukul 01.45 WIB. Pemicu kebakaran sementara diduga karena korsleting listrik. Adapun jumlah korban tewas 41 orang, sedangkan puluhan lainnya luka-luka.(Aan)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.