Orang Tua dan Siswa Kecewa, Pengumuman PPDB di Banten Ditunda

oleh -
Surat Penundaan Pengumuman PPDB dari Dindikbud Banten

REDAKSI24.COM—Pengumuman Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SMA/SMK se-Banten yang dijadwalkan pada Sabtu (29/6/2019) kemarin ditunda. Melalui surat dengan nomor 421/260-Dindikbud/2019 dan ditandatangani Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Banten Kosasih, Dindikbud Provinsi Banten memerintahkan kepada seluruh kepala SMA dan SMK Negeri di Banten untuk menunda pengumuman PPDB hingga waktu yang ditentukan kemudian.

Dalam surat yang diterbitkan dengan tembusan gubernur dan wakil gubernur, Sekda dan Inspektorat tersebut menyatakan penundaan sampai batas waktu yang akan ditetapkan dengan alasan ada proses penyelesaian teknis.

Informasi bahwa penundaan pengumuman PPDB dibenarkan oleh Jupri, orang tua salah seorang calon siswa, yang ingin mendaftar di SMK 4 Kota Tangerang. Katanya, pihak sekolah dan dinas menunda pengumuman tanpa alasan yang jelas.

“Belum ada pengumuman, kata pihak sekolahnya ada pengumuman diundur dan ngga tahu sampai kapan pengumumannya,” kata Jupri kepada Redaksi24.com, Minggu (30/6/2019).

Menurut Jupri sebenarnya pihak sekolah menjanjikan pengumuman lolos seleksi dilakukan Sabtu (29/6/2019)kemarin, namun sampai sore dirinya tak kunjung mendapatkan kepastian

“Harusnya kemarin. Namun sampai sekarang belum ada keputusan,” ujarnya.

Kekecewaan siswa pun terjadi di dunia maya, mereka yang mengikuti PPBD, menumpahkan kekecewaannya dengan mengomentari unggahan foto tersebut.

Akun @azzahranoer.185 misalnya dirinya mengatakan sudah begadang semalaman menanti pengumuman hasil seleksi SMAN/SMKN pilihannya.

“Udah begadang nungguin jam 12 malam, eh katanya jam 8 pagi, udah nungguin jam 8 pagi, eh katanya jam 5 sore, eh diundur lagi, maksud nya apa coba,” tulisnya.

Hal yang sama dilontarkan akun @selmadap, komentar kesalnya ditulis dengan huruf kapital dan sindiran halus. “UNDUR TEROSSS GAUSAH SEKOLAH LAHHHHH,” tulisnya kesal.

Selain kedua akun tersebut, masih ada ribuan  komentar lainnya yang mengungkapkan kekesalan dan kekecewaan atas mundurnya hasil pengumuman PPBD jalur Zonasi di Provinsi Banten.

Sementara itu salah seorang guru SMK di Tangerang yang tak ingin identitasnya disebutkan mengatakan, penundaan pengumuman ini bisa disebabkan karena ada persoalan tekhnis di dinas dan sekolah. Terlebih menurut guru tersebut PPDB di Banten memang beberapa kali bermasalah khususnya pada sistem server.

“Mungki karena adanya teknis di server mengingat penentuan kelulusan bukan ada di sekolah tapi diumumkan di server dinas,” katanya.

Hinga berita ini diturunkan Redaksi24.com belum bisa mengkonfirmasi penundaan penguman ini kepada  pejabat di Disdikbud Pemprov Banten. (Hendra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *