Objek Wisata Dibuka, UKM di Pandeglang Mulai Aktivitas Lagi

  • Whatsapp
UKM Pandeglang
Pedagang produk UKM mulai beraktivitas di kawasan wisata Pandeglang.

PANDEGLANG, REDAKSI24.COM – Para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) di kawasan objek wisata di Kabupaten Pandeglang, mulai bisa melakukan aktivitas lagi. Sebab sudah banyak destinasi wisata di Pandeglang yang sudah beroperasi kembali menjelang New Normal.

Seperti yang terpantau di sejumlah objek wisata pantai di wilayah Kecamatan Carita Pandeglang, Banten, yang sekarang ini sudah mulai beroperasi. Aktivitas para pelaku UKM di setiap kawasan wisata tersebut mulai jalan lagi.

Bacaan Lainnya

Sebelumnya, sejak pandemi covid-19 yang melanda di belahan dunia, Kabupaten Pandeglang salah satunya daerah yang terdampak wabah tersebut. Sehingga tidak sedikit para pelaku UKM yang gulung tikar, yang salah satunya UKM di kawasan wisata. Sebab selama beberapa bulan objek wisata di Pandeglang telah dilakukan penutupan.

Seperti yang diungkapkan Saidah, salah seorang pedagang ikan asin di kawasan wisata pantai di kawasan Carita. Ia mengaku, baru kali ini bisa melakukan aktivitas lagi, sebab selama tiga bulan lebih dirinya tidak bisa berjualan, karena wisata pantai ditutup.

“Saya baru hari ini bisa jualan lagi, karena pantai sudah mulai buka lagi. Sebelumnya saya hanya bisa tinggal di rumah dan bisa mendapatkan penghasilan,” ungkap Saidah saat sitemui di kawasan wisata Pantai Pasir Putih Carita, Sabtu (27/6/2020).

BACA JUGA: Jelang New Normal, Objek Wisata di Pandeglang Mulai Buka Lagi

Lanjut dia, meski sekarang ini sudah bisa melakukan aktivitas lagi, namun penghasilan yang didapatnya masih minim. Karena mungkin usaha jual ikan asin itu baru mulai dilakukannya lagi pasca ditutupnya tiap objek wisata.

“Hari ini baru laku 4 ekor ikan asin. Karena mulai dari awal lagi, ditambah pengunjung belum terlalu banyak,” katanya.

Saat ditanya apa usaha apa saja yang dilakukannya selama objek wisata ditutup. Ia mengaku, apa saja yang bisa dikerjakan yang terpenting bisa menghasilkan uang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Sekitar tiga bulan lebih saya tidak bisa jualan, karena wisata pantai ditutup. Adapun untuk bisa mendapatkan penghasilan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari, kadang ikut kuli memanen padi sama tetangga,” ujarnya.

Hal yang sama juga dikatakan pedagang lainnya, Tirah, mengaku baru hari ini bisa berjualan lagi di kawasan wisata. Karena sebelumnya sejak objek wisata ditutup, ia tidak bisa melakukan aktivitas berdagang.

“Mudah-mudahan ke depannya lancar dan kondisi segera normal, supaya aktivitas kami berjalan lancar lagi seperti sediakala. Sebab hanya pekerjaan ini yang bisa kami jalankan dalam memenuhi kebutuhan hidup,” tuturnya.

BACA JUGA: Jelang Tahapan Pilkada, Penyelenggara Pemilu di Pandeglang Jalani Rapid Test

Sementara, pengelola wisata Pantai Pasir Putih, Ruki Hardiansyah mengaku, dengan telah sibukanya lagi objek wisata, pelaku UKM yang ada di kawasan wisata sudah bisa berjalan lagi, meskipun sekarang ini angka pengunjung masih relatif rendah.

“Aktivitas pelaku UKM mulai hidup lagi, semoga covid-19 segera berlalu dan aktivitas masyarakat berjalan lancar lagi,” tandasnya.(Samsul Fathoni/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.